Diaspora Indonesia di Atlanta Promosikan Indonesia

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

KBRN, Atlanta: Diaspora Indonesia di Atlanta, negara bagian Georgia, Amerika Serikat (AS) sangat bangga terhadap kemajuan Indonesia. Mereka aktif mempromosikan Indonesia khususnya di Atlanta dan sekitarnya.

 

Hal itu terungkap dalam pertemuan tokoh diaspora Indonesia Atlanta dengan Konsul Jenderal RI di Houston, Al Busyra Basnur, Sabtu (30/3/2013) lalu. Pertemuan yang diselenggarakan di restoran Batavia Atlanta itu dihadiri sekitar 50 tokoh diaspora Indonesia.

Bersama KJRI Houston yang wilayah kerjanya mencakup Atlanta, diaspora Indonesia Atlanta menyelenggarakan Bisnis Forum Indonesia tanggal 27 Maret 2013 lalu dimana Duta Besar RI untuk AS, Dr. Dino Patti Djalal menjadi pembicara. Sementara 21 April 2013 mendatang mereka akan menyelenggarakan Turnamen Golf Indonesia, pertama kali diadakan di Atlanta.

 

Wei Siong Tan, Ph.D, seorang pengusaha yang juga Ketua Kamar Dagang Indonesia (Indonesian American Chamber of Commerce) di Georgia mengatakan bahwa Indonesia sekarang mencapai kemajuan yang sangat pesat, terutama dibidang ekonomi.

 

"Dahulu, tidak mudah kita mempromosikan Indonesia karena belum dikenal luas di Georgia. Namun sekarang, perhatian pengusaha di Georgia terhadap Indonesia sangat positif dan meningkat dengan pesat", kata Wei Siong.

 

Menanggapi hal itu, Konsul Jenderal Al Busyra Basnur mengatakan bahwa salah satu hasil nyata Forum Bisnis Indonesia di Atlanta, sekitar 40 pengusaha Atlanta akan menghadiri Expo Indonesia di Jakarta bulan Oktober 2013 mendatang.

 

Hadi Tresna dan isterinya Dewi, tokoh senior masyarakat Indonesia yang paling lama tinggal di Georgia mengatakan bahwa sekarang semakin luas peluang untuk mempromosikan Indonesia di Georgia, khususnya Atlanta.

 

"Indonesia semakin dikenal disini. Apalagi KBRI dan KJRI sangat aktif pula membina hubungan dengan pemerintah dan swasta setempat", ungkapnya.

 

Daniel Fu, seorang pengusaha diaspora Indonesia di Atlanta aktif mendorong dan memfasilitasi kegiatan promosi Indonesia yang dilakukan diaspora Indonesia di Atlanta. Setiap tahun, Daniel dan tokoh diaspora Indonesia lainnya di Atlanta menyelenggarakan Fall Festival yang tidak saja dihadiri diaspora Indonesia juga masyarakat AS di Atlanta dan sekitarnya.

 

"Saya senang dan bangga menjadi diaspora Indonesia, sehingga menjadi kawajiban saya untuk berbuat dan melakukan apapun yang terbaik untuk Indonesia", katanya.

 

Ben Hioe, seorang profesional diaspora Indonesia di Atlanta juga aktif dalam kegiatan promosi Indonesia. Ben Hioe juga tokoh yang cepat kaki dan ringan tangan membantu masyarakat Indonesia di Georgia.

 

Sementara itu, Made Yata, pengusaha restoran di Atlanta aktif mendorong dan membantu diaspora Indonesia yang ingin membuka usaha restoran di Georgia.

 

Made Yata, bahkan secara khusus diundang Duta Besar RI untuk AS, Dino Patti Djalal ke Washington pertengahan bulan April ini untuk menyampaikan ceramah tentang suka duka pengalamannya hingga ia menjadi pengusaha diaspora Indonesia yang sukses di Atlanta. (Sumber : http://rri.co.id / KJRI Houton / Dian/AKS)