Belasan Warga AS akan Pamer Kemahiran Pencak Silat di Houston

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?

Houston - Seni beladiri pencak silat tidak hanya diminati di dalam negeri. Beladiri asli Indonesia ini juga banyak peminatnya di sejumlah negara. Seperti belasan warga negara Amerika Serikat yang telah mempelajari ilmu silat sejak 10 tahun lalu.

Rencananya, mereka akan mempertunjukkan kemahirannya memainkan jurus-jurus silat dalam event Bazar Tahunan Indonesia yang diselenggarakan KJRI Houston, AS, 15 Juni 2013 mendatang.

Mereka adalah murid Perguruan Pencak Silat Dallas pimpinan Guru Ken Doc Dority. Silat yang akan ditampilkan yakni Silat Harimau Minangkabau dan Mande Muda. Bazar itu sendiri biasanya dihadiri sekitar 2.500 orang.

"Ternyata para sahabat pencinta silat Indonesia itu berlatih di garasi mobil rumah Doc yang sangat sederhana. Ruangan itu memang bisa menampung 15 orang, meski terasa agak sempit," ujar Konsul Jenderal RI di Houston, Al Busyra Basnur.

Pekan lalu, Konjen Al Busyra sempat mengunjungi tempat latihan perguruan pencak silat tersebut di rumah Doc. Menurutnya, mereka telah berlatih silat rata-rata selama 10 tahun. Mereka rutin berlatih dua kali sebulan. Kadang kala setiap minggu.

"Kita salut terhadap mereka yang dengan semangat tinggi belajar silat Indonesia. Mereka harus kita dukung. Di kalangan masyarakat, mereka adalah pelaku penting diplomasi Indonesia di AS. Orang AS saja sangat cinta silat, kita tentu harus lebih dari mereka," jelas Al Busyra.

Sebelumnya, Al Busyra juga mengatakan Pencak Silat Dallas juga pernah tampil dalam acara Indonesian Evening yang diselenggarakan KJRI Houston bekerjasama dengan Kerukunan Masyarakat Indonesia (KMI) Dallas-Forth Worth dan University of Texas pada 13 April 2013 lalu.