MASYARAKAT MUSLIM INDONESIA DI HOUSTON, TEXAS BAKAL MEMPUNYAI MESJID INDONESIA TERBESAR DI AMERIKA SERIKAT

9/22/2013

 

?

Keinginan dan kebutuhan masyarakat muslim Indonesia di Houston, Texas untuk dapat memiliki sebuah mesjid akan segera terwujud. Mesjid yang akan didirikan di tanah ini nantinya akan menjadi mesjid Indonesia terbesar di seluruh Amerika. Saat ini kita sudah melangkah satu tahap, yaitu telah memiliki sendiri tanah dari hasil pengumpulan dana dari masyarakat muslim Indonesia di Houston. Demikian pernyataan Acting Konsul Jenderal RI Houston, Prasetyo Budhi ketika meninjau tanah yang nantinya akan berdiri mesjid Indonesia, bersama pengurus Indonesian American Muslim Community (IAMC) dan sebagian masyarakat muslim Indonesia di Houston, Sabtu sore, tanggal 21 September 2013.
 
 
Tanah seluas 5,142 acres (lebih dari 20.000 m2) telah dibeli oleh IAMC, tepat pada hari raya Idul Fitri, 8 Agustus 2013, dari dana hasil kegiatan fundraising, pengumpulan zakat, infaq, sadaqah, dan wakaf serta komitment sumbangan tetap bulanan kaum muslim Indonesia, khususnya yang tinggal di Houston, Texas, selama satu setengah tahun belakangan ini. Tanah ini terletak di Old Richmond, Road, Sugarland, wilayah Barat Daya Kota Houston. Penentuan lokasi di wilayah ini dengan mempertimbangkan bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia tinggal disekitar wilayah tersebut.
 
 
Presiden IAMC, Zulfan Efendi Harahap memaparkan bahwa di atas tanah inilah yang nantinya akan dibangun mesjid Indonesia “Istiqlal” beserta fasilitasnya, termasuk Indonesian Community Center, tempat pendidikan, asrama, toko, lapangan olahraga, dan fasilitas lainnya. Harga pertanahan di Texas masih tergolong murah, namun untuk membangun sebuah gedung memerlukan biaya yang berlipat 2-3 kali dari harga tanah. Untuk itulah, IAMC terus berusaha mengumpulkan dana pembangunan tahap berikutnya yaitu pembangunan fisik mesjid dan segala fasilitasnya yang masih memerlukan dana cukup besar. Diharapkan pada bulan Maret 2016, mesjid Indonesia “Istiqlal” beserta fasilitasnya telah berdiri dan siap digunakan untuk kegiatan Ramadhan.
 
 
Sebelum dilakukan peninjauan lapangan, bertempat di KJRI Houston telah dilakukan Bazaar Amal dan Family Day pengumpulan dana untuk pendirian mesjid Indonesia. Dalam sambutan pembukaan Bazaar tersebut, Ny. Zuraida Prasetyo Budhi, Ketua Dharma Wanita Persatuan KJRI Houston menyampaikan terima kasih kepada Pengurus IAMC yang telah bekerja secara gigih dan tanpa pamrih dalam menggalang dana untuk mewujudkan mesjid Indonesia, sehingga tahap pertama pembelian tanah dapat dilaluinya. Ny. Zuraida mengajak masyarakat muslim Indonesia di Houston terus berlomba-lomba untuk beramal agar mesjid Indonesia yang kita impikan dapat segera terwujud.
 
 
Dalam Fundraising ini, telah terkumpul dana sebesar US$. 24,202.44 (Dua puluh empat ribu, duaratus dua 44/100 Dollar AS), yang terdiri dari hasil penjualan makanan dan pakaian sebesar $.11,542.25; wakaf $.8,050.00; pembukaan celengan amal untuk anak-anak/infaq/komitmen bulanan $.4,610.19. Besaran hasil fundraising tersebut belum termasuk penjualan DVD dan buku-buku keagamaan sebesar $. 4,100.00. Berdasarkan laporan keuangan dari bendahara IAMC bahwa selama satu setelah tahun  IAMC telah berhasil mengumpulkan dana sebesar US $. 950,093.00 (Sembilan ratus lima puluh ribu, Sembilan puluh tiga Dollar AS), sebagian dari dana tersebut, untuk membeli tanah di Old Richmond Road, sebesar US $. 540,023.00.
 
 
IAMC adalah  organisasi nirlaba yang didirikan oleh masyarakat Indonesia  di daerah Greater Houston pada bulan Februari 2012, sebagai badan perencana dan pelaksana pembangunan serta pengelola mesjid Indonesia yang akan dibangun di Houston, Texas. Organisasi ini telah terdaftar secara resmi pada kantor Sekretaris Negara, Texas, yang saat ini sedang dalam proses untuk mendapatkan status organisasi 501(c)(3) dari Pemerintah Federal Amerika Serikat. Sedangkan jumlah masyarakat muslim Indonesia yang tinggal di wilayah Greater Houston diperkirakan sekitar 1.000 jiwa.
 
 
 
 
Houston, 22 September 2013.