Upacara Bendera HUT Kemerdekaan RI ke-68

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?

Houston – Pada tanggal 17 Agustus 2013 , KJRI Houston telah menyelenggarakan serangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-68 Kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu : Upacara Penaikan Bendera;Upacara Penurunan Bendera dan Syukuran. Bertempat di KJRI Houston.


Upacara Penaikan Bendera:

Upacara Penaikan Bendera dihadiri lebih dari 150 undangan, yang terdiri dari para sesepuh, tokoh masyarakat, Ketua ICMI North America, Ketua dan Pengurus ICMI Orsat Houston, Ketua dan Pengurus Indonesian-American Muslim Community (IAMC), Para Pendeta, Permias Houston, Penerima Beasiswa dari Sampoerna Foundation, Perwakilan dari Universitas Lone Star, para Perwira TNI yang sedang mengikuti kursus di DLIELC Lackland Texas, kalangan professional Indonesia yang bekerja di Perusahaan perminyakan, Ketua dan Pengurus DWP, Staf KJRI beserta keluarga dan masyarakat umum lainnya yang datang dari berbagai kota di Texas.


Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Act. Konsul Jenderal RI, Prasetyo Budhi. Upacara dimulai tepat pada pukul 10:00 ws, diawali laporan dari Perwira Upacara , Letda Laut (P) Dimas Wahyu Bramasta kepada Inspektur Upacara. Selanjutnya Komandan Upacara, Mayor Laut (P) Edy Suntoro memimpin jalannya upacara, hingga selesai. Dalam upacara penaikan bendera , para Petugas Upacara diambilkan dari tokoh masyarakat Indonesia, yaitu :

  • Pembaca Teks Proklamasi, Sdr . Ipung Yuwono, Ketua ICMI Orsat Houston
  • Pembaca Teks UUD 1945, Sdr. Amril Fauzi, Profesional Senior yang bekerja di Chevron
  • Pembaca Doa, Sdr. Zulfan Efendi Harahap, Presiden IAMC Houston
  • Pembawa Acara, Kapten (Lek), Catur Adi Nugroho

Sedangkan Tim Pengibar Bendera yang terdiri dari 15 orang , diambilkan dari pelajar dan mahasiswa Indonesia yang belajar di Houston, dibawah instruktur Sdr. Tito Ariwibowo, Staf Fungsi Pensosbud dengan bimbingan dari 8(delapan) Perwira TNI.


Adapun kedelapan Perwira TNI tersebut adalah :

  • Mayor Laut (KH), Andryan Ole.
  • Mayor Laut (E), Edy Suntoro.
  • Kapten Udara (Lek), Julius Adhitya Tjokro
  • Kapten Udara (Lek), Catur Adi Nugroho
  • Lettu Laut (P) Hadhito Prayogo
  • Lettu Laut (P), Tunggul Adya Dewangga
  • Letda Laut (P), Rian Risky Putrantio
  • Letda Laut (P), Dimas Wahyu Bramasta


Dalam sambutannya, Acting Konsul Jenderal RI menyampaikan beberapa hal , antara lain Kemerdekaan RI yang kita dapatkan bukan melalui pemberian tetapi dari hasil perjuangan dan pengorbanan bangsa, Proklamasi Kemerdekaan RI yang disampaikan Bung Karno dan Bung Hatta merupakan tonggak bersejarah, karena bangsa Indonesia mengumumkan eksistensinya sebagai Negara Indonesia yang berdaulat, Setelah melalui perjalanan 68 tahun, Negara Republik Indonesia saat ini menunjukkan kondisi yang lebih kokoh, stabilitas politik terjaga dengan baik, pertumbuhan ekonomi mencapai 6%, pendapatan perkapita meningkat, tingkat kemiskinan dan pengangguran terbuka, berhasil diturunkan dan kesejahteraan rakyat terus ditingkatkan. Acting Konjen RI juga menyampaikan keberhasilan yang dicapai oleh KJRI Houston yang meliputi bidang Ekonomi, social, budaya, dan pendidikan. Demikian pula dalam hal pelayanan kekonsuleran terus dapat ditingkatkan untuk menuju pelayanan yang prima, yaitu pelayanan yang ramah, murah, cepat dan transparan yang dapat dipertanggungjawabkan.


Upacara Penurunan Bendera:

Upacara Penurunan Bendera dimulai pada pukul 19:00 ws, dihadiri para undangan sebagaimana yang hadir pada pagi hari dan beberapa masyarakat Indonesia yang tinggal di Austin, Dallas, San Antonio dan mahasiswa yang studi di Lake Charles.


Berbeda dengan penaikan bendera, Upacara Penurunan Bendera dilakukan dengan sederhana, yaitu diawali dari laporan Perwira Upacara kepada Inspektur Upacara, kemudian jalannya upacara dipimpin oleh Komandan Upacara. Bertindak selaku Komandan Upacara pada upacara penurunan bendera, adalah Letda Laut (P), Rian Risky Putrantio.

Kedua upacara tersebut berjalan dengan khidmat, tertib dan lancar.


Acara Syukuran :

Acara Syukuran diselenggarakan setelah upacara penurunan bendera, yang dihadiri lebih dari 175 orang yang memadati ruang lobby KJRI Houston. Dalam acara syukuran tersebut, Acting Konsul Jenderal RI menyampaikan terima kasih kepada para Tim Pengibar Bendera KJRI Houston dan para Perwira TNI yang terlibat langsung pada upacara bendera, sehingga upacara dapat berjalan dengan tertib, lancar dan mendapatkan banyak sanjungan dari kalangan masyarakat. Acting Konjen RI juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang memberikan apresiasi dan sanjungan atas kerapian terselenggaranya upacara bendera ini. Hal ini tidak lepas dari peran Perwira TNI yang terjun langsung selama dua hari ikut membimbing sebanyak 15 Pengibar Bendera KJRI Houston.


Sebagai tanda terima kasih kepada instruktur dan para Tim Pengibar Bendera KJRI Houston, acting Konjen RI memberikan piagam penghargaan kepada mereka atas dedikasi dan sumbangsihnya sebagai Tim Pengibar Bendera. Piagam Penghargaan juga diberikan kepada 8 (delapan) Perwira TNI yang terlibat langsung dalam kegiatan upacara bendera, mulai dari pelatihan , gladi bersih hingga pelaksanaan upacara bendera. Acara lainnya diisi dengan pembagian hadian perlombaan olah raga. Acara ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Acting Konsul Jenderal RI yang diberikan kepada sesepuh dan tokoh masyarakat Indonesia.