FESTIVAL INDONESIA – AMERIKA SERIKAT KE-4 DISELENGGARAKAN DI RAYNE, LOUISIANA

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?

?

Pada tanggal 7 September 2013, masyarakat Indonesia di Louisiana telah menyelenggarakan acara : Festival Indonesia – Amerika Serikat ke-4 (the 4th Annual Indo Fest USA), yang dihadiri oleh masyarakat diaspora Indonesia dan Friends of Indonesia yang tinggal di kota-kota di wilayah Louisiana, antara lain : Lake Charles, Sulphur, Lafayette, Baton Rouse, Hammond, Houma dan New Orleans.


Acara yang mengambil tempat di Union Hall, Rayne, Louisiana, dimeriahkan dengan berbagai kesenian Indonesia, diantaranya tarian daerah yang dibawakan oleh group tari Citra Indonesia binaan KJRI Houston yang menampilkan tiga tarian, yaitu Tari Merak (Jawa Tengah), Puspawresti (Bali) dan Es lilin (Jawa Barat). Selain itu juga dihibur dengan lagu-lagu dari Indonesia dan Country yang dimainkan oleh group band setempat. Acara mode show dengan menampilkan busana batik diikuti oleh anak-anak dan dewasa. Sedangkan demo membatik, diikuti oleh beberapa ibu-ibu dari komunitas setempat serta permainan rakyat, tarik tambang dan balap kelereng. Dalam acara ini juga disediakan berbagai macam makanan dan jajan pasar khas Indonesia yang disiapkan oleh ibu-ibu dalam bentuk potluck.
 

Presiden the 4 th Annual Indo Fest USA, Prof. Dr. Herry Utomo dalam acara pembukaan menyampaikan terima kasih kepada KJRI Houston atas dukungannya, dalam mengirimkan penari dan membuka booth pariwisata Indonesia, sehingga acara berjalan dengan lancar dan sukses. Acara yang diselenggarakan setiap tahun ini, selain memperingati HUT Kemerdekaan RI, juga sebagai tempat berkumpulnya masyarakat Indonesia yang tinggal di Louisiana yang sudah rindu akan seni budaya dan makanan khas Indonesia.

 

Acting Konjen RI, Bapak Prasetyo Budhi yang membuka acara tersebut menyampaikan sambutan, yang isinya antara lain bahwa : KJRI Houston menyampaikan apresiasi kepada Presiden the 4th Annual Indo Fest USA dan masyarakat Indonesia yang membantu acara ini yang sudah empat tahun secara berturut-turut diselenggarakan di Louisiana. Menyampaikan pesan agar acara ini terus berlanjut karena selain sebagai ajang silaturahmi bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di Louisiana juga mempromosikan Indonesia kepada masyarakat setempat. Untuk itulah KJRI Houston juga membuka booth khusus guna mempromosikan pariwisata Indonesia. Kepada masyarakat setempat, Acting Konjen RI mengundang untuk berwisata ke Indoensia, menikmati keramahtamahan,  keindahan alam, budaya yang beraneka ragam dan kuliner Indonesia.

 

Acara ditutup dengan pembagian hadiah permainan rakyat dan penetapan pemenang peragaan busana batik terbaik (the Best Dress) 2013 tingkat anak-anak, dimenangkan oleh Simone. Sedangkan tingat dewasa dimenangkan oleh Rini LeDoux.