Diaspora Indonesia di Tampa, Florida Merayakan HUT RI ke-68

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Houston – Pada tanggal 24 Agustus 2013, masyarakat diaspora Indonesia di Tampa Bay, Florida yang tergabung dalam Perkumpulan Keluarga Besar Indonesia (PKBI) Tampa, telah menyelenggarakan acara perayaan HUT ke-68 Kemerdekaan Republik Indonesia, dalam bentuk Gala Dinner di Egypt Shrine Scotfish Nite Ballroom di Tampa Bay, Florida.


Masyarakat Indonesia yang antusias hadir diacara ini datang dari berbagai kota di Negara bagian Florida, yang ditempuh dengan kendaraan antara 2-5 jam, antara lain dari kota Tallahassee, Jaksonville, Gainesville, Daytone Beach, Orlando, Melbourne, Palm Beach Coral Spring, Fort Lauderdale dan Miami. Mereka ada yang mewakili organisasinya, diantaranya PKBI Tampa, Indonesian American Society of Florida (INASOF), Indonesian-American Women Association Florida (IAWA), Permias Florida, dan Voice of Indonesian in Florida (VIDA) serta perkumpulan kesukuan lainnya maupun masyarakat umum dan sebagian adalah Friends of Indonesia serta masyarakat  Belanda yang tinggal di Tampa.


Acara dipandu oleh Erico Mihardja, seorang mahasiswa Indonesia yang sedang kuliah di Universitas Florida dan Saudara Ismail seorang mahasiswa dari Singapura, dimulai tepat pukul 17:30 ws, diawali dengan kedatangan Acting Konsul Jenderal RI beserta Ny. Ida Prasetyo Budhi, yang disambut dengan tari Tor Tor dari Sumatra Utara yang dibawakan oleh Kelompok Horas Florida. Selanjutnya, Barisan Nusantara yang dibawakan oleh anak-anak dan remaja yang berpakaian tradisional Indonesia memasuki ruangan, kemudian dikumandangkan lagu kebangsaan Amerika Serikat, the Star Spengled Banner, dilanjutkan dengan Lagu Indonesia Raya dengan alunan iringan music angklung yang dimainkan oleh masyarakat Indonesia dari Melbourne.


Ketua Panitia yang juga Ketua PKBI Tampa, Bapak Frans Go membuka acara dengan menyampaikan terima kasih atas dukungan KJRI Houston sehingga acara ini dapat terlaksana dengan meriah yang dapat mewakili seluruh masyarakat Indonesia yang tinggal diberbagai kota di Florida. Tidak terkirakan bahwa acara ini dihadiri cukup banyak undangan, bahkan Panitia tidak dapat memenuhi lebih dari 100 permintaan masyarakat Indonesia lainnya termasuk Friends of Indonesia yang ingin menghadiri acara ini mengingat keterbatasan tempat.


Dalam kesempatan ini, Acting Konsul Jenderal Ri, menyampaikan sambutan yang intinya, antara lain :

  • Menyampaikan rasa gembira Gala Dinner dapat dihadiri oleh seluruh lapisan masyarakat diaspora Indonesia dari berbagai kota di Florida dan baru pertama kali kegiatan di Florida seperti ini melibatkan seluruh lapisan masyarakat diaspora Indonesia. Untuk itu mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Ketua Panitia, Bapak Frans Go danWakil Ketua Mr. Frantz Menne (Pensiunan Angkatan Laut AS yang pernah tinggal di Indonesia) , atas penyelenggaraan Gala Dinner yang besar ini.
  • Kepada Friends of Indonesia, Act. Konsul Jenderal RI menyampaikan bawah Indonesia terdiri dari berbagai suku, agama , bahasa yang mendiami beribu-ribu pulau , mereka hidup dalam persatuan dan kesatuan sebagaimana tercermin dalam moto : Bhinneka Tunggal Ika.
  • Pembangunan di Indonesia terus ditingkatkan dengan pertumbuhan ekonomi rata-rata mencapai 5-6%. Kehidupan politik makin stabil. Hanya di Indonesia antara demokrasi, Islam, dan modernisasi, hidup secara terkait dan saling isi mengisi.
  • Hubungan antara RI-AS, dilandasi pada kerjasama Comprehensive Partnership antara kedua Negara yang ditandatangani saat Kunjungan Kenegaraan Presiden Barack Obama ke Jakarta bulan November 2010 yang saat ini berjalan makin erat. Antar kedua Negara terus menggalang kerjasama diberbagai bidang.


Acara kesenian diawali dengan pembacaan Sajak dari Chairil Anwar berjudul Karawang-Bekasi. Selanjutnya acar diisi dengan penampilan seni music dan tari daerah Indonesia , yang dibawakan oleh perwakilan dari masing- masing kota, diawali Jaipong yang dimainkan oleh kelompok tari dari Tampa Bay, lalu permainan angklung dari Melbourne, tari Bali dari Orlando. Perkumpulan Kawanua di Florida seperti Kotingen, setiap MC menyebutkan penampilan kesenian dari Kelompok kota yang ditunjuk , mereka mendapatkan dukungan dan semangat yang meriah dari kelompok mereka masing-masing. Rey Wowor Graham, mantan penyanyi Indonesia tahun 1980-an, yang sekarang tinggal di Miami juga ikut memeriahkan acara ini , dengan membawakan lagu-lagu lama tempo  doeloe.


Menjelang malam, Acting Konjen RI didampingi Ny. Ida Prasetyo Budhi melakukan pemotongan Tumpeng Syukuran yang diberikan kepada Ketua dan Wakil Ketua Panitia yang telah bekerja secara penuh. Pemotongan tumpeng ini mengawali jamuan makan malam secara bersama, dengan menu makanan khas Indonesia yang dimasak oleh Ibu-Ibu dari Tampa. Makanan Indonsia inilah salah satu yang menjadi obat rindu dari sebagian masyarakat Belanda yang tinggal di Tampa yang ingin menghadiri acara ini karena di Tampa sendiri tidak ada restaurant Indonesia.


Acara dilanjutkan dengan peragaan busana Indonesia yang diikuti oleh kalangan anak-anak dan dewasa yang mewakili asal kotanya masing-masing. Pemenang kategori Abang Cilik Florida 2013, diraih oleh : Casey Oetano Parker dari Clear Water, sedangkan None Cilik Florida 2013 , diraih oleh Aurelia dari Orlando. Untuk Abang Florida 2013, diraih oleh Brandon Giebel dari Tampa Bay dan None Florida 2013 , diraih oleh Yuni Dodge dari New Port Richey. Sebelum acara berakhir dilakukan pembagian doorprize dan silent auction beberapa Scarf batik tulis dari bahan sutra yang dibuat khusus oleh Putri Angling Kusuma ,seorang Pelukis asal Yogyakarta yang tinggal bersama suaminya di Daytona Beach, Florida.


Acara ditutup dengan foto bersama pada pukul 22:30 . Dalam acara penutupan, sesepuh masyarakat Indonesia yang tinggal di Miami menyampaikan usulan agar perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun mendatang dapat disenggarakan di Miami.