PARA PEMILIH ANTUSIAS MENCOBLOS DI TPS HOUSTON

7/5/2014

?

Para calon pemilih di Houston antusias memberikan suara pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014. Terlihat dengan panjangnya antrian para calon pemilih yang mulai memadati KJRI Houston sejak TPS dibuka pada hari ini, tanggal 5 Juli 2014, pukul 10:00 waktu setempat. TPS dibuka bagi para calon pemilih hingga pukul 20:00 waktu setempat.

 

Pada Pilpres kali ini telah dibuka 2 buah TPS untuk melayani 901 pemilih yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN). Pada Pilpres tahun 2009, jumlah pemilih langsung yang memberikan suaranya di TPS tercatat berjumlah 241 pemilih.

 

Para pemilih melalui pos, yang tercatat total sebanyak 3.033 orang, diperkirakan telah mulai menerima surat suara mereka pada akhir Juni lalu. Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) Houston telah secara bertahap mengirimkan surat suara melalui pos sejak tanggal 25 hingga 28 Juni 2014. Bahkan sebagian kecil diantara surat suara yang dikirim melalui pos telah mulai diterima kembali oleh PPLN. Sebagian lainnya diperkirakan akan terus berdatangan setelah berakhirnya liburan pekan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat, tanggal 4 Juli ini. Para calon pemilih melalui pos memiliki tenggat waktu penerimaan surat suara hingga tanggal 14 Juli 2014 mendatang, setelah tanggal tersebut surat suara yang masuk tidak akan dihitung.

 

Hingga pukul 16:00, saat berita ini diluncurkan, total para pemilih di Houston yang telah memberikan suaranya di kedua TPS adalah sekitar 457 pemilih. Sejauh ini pelaksanaan Pilpres di TPS Houston berlangsung dengan lancar, tertib, dan aman, tanpa insiden apapun.

 

Acting Konsul Jenderal RI Houston, Isman Pasha mengingatkan kepada seluruh pemilih di wilayah kerja KJRI Houston, yang meliputi 10 negara bagian dan 2 wilayah protektorat, untuk tetap menjaga persatuan, keamanan dan ketertiban, baik pada saat pemungutan suara hingga setelah berakhirnya waktu penghitungan suara. Perbedaan pendapat adalah wajar, namun jangan sampai merusak rasa persaudaraan dan kekeluargaan yang telah terjalin baik selama ini demi kemajuan Indonesia.

 

Houston, 5 Juli 2014.