Klaim Santunan Kematian

4/1/2016

Bagaimana Cara Mengajukan Klaim untuk Santunan Kematian?

Siapapun yang ingin mengajukan klaim untuk santunan kematian harus menghubungi Kantor Kasus Kecelakaan Fatal di Departemen Tenaga Kerja secepat mungkin setelah kematian pekerja.
Ia harus membawa dokumen berikut: 
(a) kartu identitas miliknya sendiri;
(b) kartu identitas dari pekerja yang meninggal dunia;
(c) sertifikat kematian atau sertifikat yang mengesahkan pemakaman/kremasi tubuh almarhum; dan
(d) dokumen yang relevan yang menyatakan hubungan antara almarhum dan pemohon, misalnya akte kawin, akte lahir atau bukti alamat tinggal.

Anggota Keluarga yang Tinggal diluar Hong Kong

Anggota keluarga dari pekerja yang meninggal dunia yang tinggal diluar Hong Kong perlu menyediakan dokumen berikut jika mereka ingin mengajukan klaim untuk santunan: 
(a) Dokumen identitas, misalnya Paspor;
(b) Sertifikat / dokumen yang menyatakan hubungan dengan pekerja yang meninggal dunia; dan 
(c) Surat Kuasa bagi pengacara untuk bertindak atas nama mereka dalam mengurus klaim.

Pemohon harus memastikan bahwa dokumen disiapkan dalam bahasa asli mereka dengan terjemahan bahasa Inggris (terjemahan tidak diperlukan jika dokumen dalam bahasa Cina atau Inggris), dikonfirmasi oleh otoritas lokal mereka atau Notaris Umum dan disahkan oleh pejabat dari Departemen Konsular Kementrian Luar Negeri Cina (dalam hal anggota keluarga tinggal di Cina) atau oleh Pejabat Konsular Cina di luar negeri (dalam hal anggota keluarga tinggal di negara / wilayah selain Cina).

Dimana Mendapatkan Informasi Lebih Lanjut?

Kantor Kasus Kecelakaan Fatal 
Divisi Santunan Pekerja 
Departemen Tenaga Kerja 
Ruang 601, 6/F., Harbour Building 
38 Pier Road, 
Central, 
Hong Kong 
Telp: 2852 3994 Faks: 2854 4166​​

Isi dari selebaran ini juga tersedia di Laman Departemen Tenaga Kerja : http://www.labour.gov.hk​ 

Divisi Santunan Pekerja 
Departemen Tenaga Kerja Hong Kong

catatan
Info diatas diberikan oleh HK Labour Department untuk diteruskan kepada semua masyarakat.​