Penganugerahan Piala Citra Pelayanan Prima bagi KJRI Hong Kong

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Atas kerja keras dan kesungguhannya dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi warga Indonesia dan warga asing di Hong Kong, Konsulat Jenderal RI di Hong Kong berhasil meraih penghargaan “Piala Citra Pelayanan Prima untuk Pelayanan Publik”. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Wakil Presiden RI, Boediono kepada Konsul Jenderal RI, Teguh Wardoyo pada tanggal 15 Desember 2010 bertempat di Istana Wakil Presiden RI.

Sesuai namanya, Piala Citra Pelayanan Prima tersebut merupakan sebuah penghargaan yang diberikan pemerintah pusat kepada institusi pemerintahan Indonesia, baik di dalam maupun di luar negeri atas keunggulan pelayanan yang diberikan kepada publik. KJRI Hong Kong dipandang telah mewujudkan beragam upaya dan bentuk peningkatan serta kualitas terbaiknya dalam menyediakan pelayanan publik, khususnya bagi warga Indonesia di Hong Kong.

Institusi pemerintah senantiasa dituntut untuk memberikan pelayanan publik dengan baik. Penghargaan dalam bentuk Piala Citra Pelayanan Prima tersebut diharapkan dapat mendorong institusi pemerintah untuk berlomba-lomba mewujudkan pelayanan publik secara cepat, murah, ramah dan transparan. Sebelum akhirnya meraih penghargaan tersebut, KJRI Hong Kong bersama sejumlah calon penerima lainnya telah melalui tahapan penilaian yang dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan), media massa dan pihak terkait lainnya.

Berdasarkan evaluasi yang dilakukan di sepanjang tahun 2009 dan 2010, KJRI Hong Kong dipandang pantas untuk mendapatkan penghargaan Piala Citra Pelayanan Prima untuk Pelayanan Publik di tahun 2010. Selain kepada KJRI Hong Kong, Penghargaan Citra Pelayanan Prima juga dianugerahkan kepada Direktorat Fasilitas Diplomatik, Kementerian Luar Negeri.

Piala Citra Pelayanan Prima merupakan sebuah wujud penghargaan atas upaya sungguh-sungguh KJRI Hong Kong dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada warga Indonesia yang menetap dan bekerja di Hong Kong, maupun warga negara asing yang membutuhkan jasa pelayanan KJRI Hong Kong. Lebih dari itu, dengan diraihnya penghargaan tersebut KJRI Hong Kong juga ditantang untuk tidak saja mempertahankan, tapi juga terus meningkatkan mutu pelayanannya kepada masyarakat Indonesia dan warga asing di Hong Kong.