Konsul Jenderal RI Serahkan Surat Tauliah kepada Pemerintah Hong Kong SAR

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada Jumat, 5 November 2010, Konsul Jenderal RI Hong Kong, Teguh Wardoyo, telah melakukan kunjungan kehormatan sekaligus menyerahkan Surat Tauliah kepada Chief Executive (CE) Pemerintah Hong Kong SAR, Mr. Donald Tsang. Konjen RI juga berkesempatan menyampaikan salam hangat Presiden RI dan Menlu RI kepada Mr. Donald Tsang. Sebagai salah satu pusat perekonomian dan pusat keuangan dunia dan Asia, Hong Kong merupakan salah satu mitra penting Indonesia dan diharapkan kerjasama antara keduanya dapat semakin meningkat, khususnya di bidang ekonomi, perdagangan dan keuangan.

Di sisi lain, Indonesia juga mengharapkan agar pemerintah Hong Kong dapat membuka lebih lebar kesempatan penyediaan program bea siswa bagi pelajar Indonesia sehingga akan lebih banyak pelajar Indonesia yang meneruskan studinya di sejumlah perguruan tinggi di Hong Kong. Beberapa perguruan tinggi di Hong Kong telah tercatat sebagai perguruan tinggi terbaik di Asia, bahkan di tingkat dunia.

Dalam kesempatan tersebut Konjen RI juga menyampaikan rasa terima kasih atas berbagai upaya konkrit yang dilakukan oleh Pemerintah Hong Kong dalam memberikan perlindungan kepada tenaga kerja asing, khususnya Tenaga Kerja Indonesia. Lebih jauh, Konjen RI juga menyampaikan harapan agar Pemerintah Hong Kong membuka kesempatan bagi TKI bekerja pada sektor konstruksi maupun sektor-sektor lain di luar sektor rumah tangga.

Dalam tanggapannya, Chief Executive Pemerintah Hong Kong SAR menyampaikan kekagumannya atas berbagai kemajuan yang dicapai oleh Indonesia. Tsang memandang Presiden RI berhasil menerapkan kebijakan-kebijakan yang membawa perubahan dan kemajuan di berbagai bidang. Hubungan bilateral antara Hong Kong dan Indonesia selama ini telah terjalin dengan sangat baik, untuk itu pemerintah Hong Kong menyambut baik berbagai upaya peningkatan kerjasama bilateral di bidang ekonomi, pendidikan, ketenagakerjaan dan sosial budaya.

Pemerintah Hong Kong juga memandang pentingnya posisi Indonesia di Asia, dan untuk itu Tsang berjanji untuk mendorong pejabat/kementerian yang berwenang di Hong Kong untuk berkunjung ke Indonesia dan menjajaki berbagai kemungkinan kerjasama di bidang ekonomi, perdagangan dan keuangan maupun sektor-sektor lainnya. Secara khusus Donald Tsang juga menyampaikan kekagumannya atas kerjasama yang telah terjalin di bidang kebudayaan antara kedua belah pihak dan mendukung kegiatan promosi kebudayaan Indonesia kepada warga Hong Kong.

Dalam kaitan dengan isu ketenagakerjaan, CE Hong Kong juga mengakui sekaligus menghargai peran TKI di Hong Kong sebagai bagian penting yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Hong Kong. Donald Tsang memaparkan bahwa pemerintah Hong Kong terus mendorong berbagai pihak di Hong Kong untuk secara maksimal memberikan perlindungan dan menjamin terpenuhinya seluruh hak tenaga kerja asing.

Penyerahan Surat Tauliah tersebut menandai telah diterimanya Konsul Jenderal RI secara resmi oleh pemerintah Hong Kong. Selanjutnya Konsul Jenderal RI juga dijadwalkan bertemu dengan sejumlah pejabat tinggi di Hong Kong, antara lain pejabat-pejabat dari Commerce and Economic Development Bureau, Hong Kong Economic and Trade Offices, serta Financial Services and the Treasury Bureau.

 

Pertemuan Konsul Jenderal RI dengan Commissioner Kementerian Luar Negeri RRT di Hong Kong SAR

 

Dalam kesempatan terpisah, Konsul Jenderal RI di Hong Kong, Teguh Wardoyo, juga melakukan kunjungan kehormatan kepada Commissioner Kementerian Luar Negeri RRT di Hong Kong SAR, Mr. Lu XinHua. Dalam kesempatan tersebut Lu XinHua menyampaikan rasa duka cita yang mendalam dari Pemerintah RRT atas korban bencana banjir di Wasior, letusan Gunung Merapi dan tsunami di Kepulauan Mentawai. Dirinya yakin di bawah kepemimpinan Presiden RI, Pemerintah Indonesia akan mampu mengatasi permasalahan tersebut dan meringankan penderitaan para korban bencana.

Lu XinHua juga menyampaikan penghargaan atas hubungan yang baik antara Indonesia dan Hong Kong, khususnya terkait keberadaan TKI di Hong Kong. Pemerintah Indonesia diharapkan untuk terus mempertahankan sekaligus meningkatkan kerjasama di berbagai bidang, terutama bidang pariwisata, perdagangan, pendidikan dan ketenagakerjaan. Diakuinya bahwa Indonesia dan RRT senantiasa memiliki hubungan bilateral yang baik, untuk itu Lu XinHua juga akan memberikan bantuan yang diperlukan dalam upaya peningkatan kerjasama antara kedua belah pihak.

Dalam tanggapannya, secara khusus Konjen RI mengharapkan bantuan dari Pemerintah RRT terkait kemungkinan pembukaan kantor cabang bank-bank Indonesia di Shanghai dan Macao. Hal ini dipandang penting mengingat cukup tingginya jumlah WNI yang menetap dan bekerja di daerah-daerah tersebut, sebagaimana di Hong Kong.

Atas nama Pemerintah Indonesia Konjen RI juga menyampaikan terima kasih atas ucapan belasungkawa bagi para korban bencana alam di Indonesia. Disampaikan saat ini Pemerintah RI terus bekerja keras meringankan penderitaan keluarga korban serta berupaya untuk memulihkan kondisi kehidupan mereka seperti sediakala.