Kampanye Waspada HIV/AIDS

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember 2010 KJRI Hong Kong melakukan serangkaian kampanye waspada AIDS bagi warga Indonesia di Hong Kong. Salah satu bentuk kampanye sadar dan waspada AIDS tersebut diwujudkan dalam bentuk pemasangan spanduk bertuliskan himbauan agar warga Indonesia senantiasa menjaga perilaku sehat sebagai salah satu cara pencegahan penularan HIV/AIDS, maupun penyakit lainnya. Spanduk yang dipasang di beberapa titik di lingkungan KJRI Hong Kong diharapkan dapat menggugah kesadaran para warga Indonesia akan bahaya AIDS sekaligus mendorong keingintahuan lebih besar akan informasi-informasi penting terkait penyakit AIDS. Hal ini menjadi penting mengingat HIV/AIDS merupakan salah satu penyakit yang belum ditemukan obat untuk menyembuhkan serta masih cukup banyak beredarnya mitos-mitos atau salah kaprah seputar HIV/AIDS.

Selain pemasangan spanduk, KJRI Hong Kong juga menerbitkan brosur berisi informasi lebih rinci tentang HIV/AIDS yang disebarkan kepada warga Indonesia. Brosur yang memuat informasi-informasi mendasar HIV/AIDS tersebut dikumpulkan dari sejumlah sumber terpercaya, salah satunya dari Komisi Penanggulangan AIDS Nasional. Penyebaran brosur tersebut diharapkan dapat semakin menambah pemahaman warga Indonesia akan pengertian dan perbedaan HIV dan AIDS, cara-cara penularan dan pencegahannya, serta bahaya atau dampak yang ditimbulkan dari HIV/AIDS itu sendiri.

Siaran radio KJRI Hong Kong, “Ngobrol Bersama KJRI” edisi Rabu, 1 Desember 2010, secara khusus mengangkat topik HIV/AIDS sebagai pembahasan. Siaran radio rutin yang mengudara setiap hari Rabu, pukul 10-11 malam ini merupakan salah satu media KJRI Hong Kong untuk menjangkau warga Indonesia, terutama para Penata Laksana Rumah Tangga. Melalui siaran tersebut para pendengar dapat berinteraksi secara langsung dengan narasumber melalui telepon atau SMS ke studio.

Rangkaian kegiatan tersebut merupakan wujud dukungan KJRI Hong Kong terhadap himbauan pemerintah Indonesia akan peningkatan kesadaran dan kewaspadaan terhadap AIDS bagi warga Indonesia.