KJRI Selenggarakan “Indonesian Movie Week” Pertama di Hong Kong

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Konsul Jenderal Republik Indonesia di Hong Kong, Ferry Adamhar, membuka secara resmi Indonesian Movie Week 2010 di Agnès b. CINEMA!, Hong Kong Arts Center, Wan Chai, Hong Kong (1/6) pukul  19.00 waktu setempat. Ini merupakan festival film Indonesia pertama di Hong Kong.

 

Menurut Konjen Ferry, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Republik Rakyat Tiongkok. Kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya nyata KJRI dalam memperkenalkan Indonesia secara utuh kepada masyarakat Hong Kong. Khususnya, mengenai perkembangan terkini industri perfilman tanah air.

 

Konjen Ferry melanjutkan bahwa Indonesian Movie Week 2010 diharapkan dapat menjadi salah satu pendorong peningkatan kerjasama antara Indonesia dan Hong Kong di bidang perfilman. Festival ini juga dapat dilihat sebagai salah satu bentuk apresiasi terhadap karya-karya anak bangsa di dunia perfilman.

 

Kegiatan yang didukung oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata tersebut, diawali dengan penayangan film “Ruma Maida” (2009). Selanjutnya, ditayangkan secara berturut-turut (2-4/6), 3 judul film Indonesia, yaitu “Merah Putih” (2009), “Anne van Jogja” (2005) dan “Heartbreak.com” (2009).

 

Hadir pada malam pembukaan Indonesian Movie Week 2010 para Konsul Jenderal serta perwakilan dari korps diplomatik di Hong Kong, wakil dari Kembudpar dan pelaku industri perfilman Indonesia, pimpinan BUMN dan BUMS, sejumlah wakil media di Hong Kong.  Malam pembukaan Indonesian Movie Week 2010 juga diramaikan oleh sejumlah warga Hong Kong maupun warga Indonesia yang bermukim di Hong Kong.

 

Selain tamu undangan, Indonesian Movie Week 2010 juga terbuka bagi masyarakat umum di mana para penonton tidak dikenai biaya untuk memesan tiket pertunjukan film. Turut diundang untuk menonton film-film Indonesia yang ditayangkan pada hari ke-2, ke-3 dan ke-4 Indonesian Movie Week 2010 adalah para insan perfilman Hong Kong, wakil-wakil pemerintah Hong Kong, media lokal, akademisi di bidang seni dan perfilman, mahasiswa di Hong Kong, serta masyarakat Hong Kong pecinta Indonesia.

 

Dalam calendar of event Hong Kong Arts Center (dapat dilihat melalui http://www.hkac.org.hk/en/calendar.php?id=293&date=06/01/2010) dimuat informasi lebih rinci mengenai Indonesian Movie Week 2010 di Hong Kong.

 

Stephen Cremin, salah satu pendiri/pemilik perusahaan Film Business Asia, juga menulis pada website resmi mereka perihal penyelenggaraan Indonesian Movie Week 2010 (“Indonesian Movie Week launches in Hong Kong”, http://www.filmbiz.asia/news/indonesian-movie-week-launches-in-hong-kong). Film Business Asia merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang publikasi perdagangan film berbasis di Hong Kong yang menjangkau kawasan Asia Pasifik.