KJRI Hong Kong Selenggarakan Pengajian Akbar

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Adha 1431 H, Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Hong Kong menyelenggarakan Pengajian Akbar yang terbuka bagi warga Indonesia di Hong Kong. Kegiatan yang didukung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur ini akan dilaksanakan pada Minggu, 21 November 2010 di 4 tempat sekaligus, yaitu di Ruang Ramayana, KJRI Hong Kong, Causeway Bay, Tai Po Civic Center, Yuen Long serta di Macao.

Sebagai penceramah, akan didatangkan 4 orang ustadz dari daerah Jawa Timur yaitu Drs. Ali Mas’ud M.Ag, Dr. H. Abdul Salam Nawawi M.Ag, Dr. HM. Sumarkan, M.Ag, serta Farmadi Hasyim, M.Ag. Dalam pelaksanaan kegiatan pengajian akbar ini KJRI Hong Kong juga bekerja sama dengan Majelis Taklim TKWII cabang Tai Po, Tsuen Wan, Yuen Long dan Causeway Bay, serta gabungan 10 organisasi TKI di Macao.

Selain sebagai salah satu rangkaian perayaan Hari Raya Idul Adha, kegiatan ini juga merupakan upaya berkesinambungan KJRI Hong Kong dalam meningkatkan pengetahuan tentang Islam serta keimanan warga muslim Indonesia di Hong Kong. Umat muslim Indonesia yang mengikuti siraman rohani Islam pada kegiatan tersebut diharapkan memperoleh tambahan ilmu tentang Islam serta dapat semakin mempertebal keyakinan dan keimanan kendati tinggal di Hong Kong, yang mayoritas penduduknya bukan pemeluk agama Islam.

Pengajian Akbar yang dilaksanakan di KJRI Hong Kong bertempat di Ruang Ramayana menghadirkan Drs. Ali Mas’ud M.Ag. Pada sore harinya, Drs. Ali Mas’ud, M.Ag juga melanjutkan pemberian siraman rohani kepada sejumlah organisasi tenaga kerja di Victoria Park. Di tempat lain, yaitu di Tsuen Wan dan Yuen Long, siraman rohani Islam tersebut disampaikan oleh Dr. H. Abdul Salam Nawawi M.Ag. Pengajian Akbar di Tai Po dilaksanakan di Tai Po Civic Center pada pukul 14.00-17.00 dengan penceramah Dr. HM. Sumarkan, M.Ag. Untuk di Macao pengajian akbar akan diselenggarakan di Sekolah Dasar BRITO, Edificio Pak Tak pada pukul 14.00-17.00 dengan narasumber Farmadi Hasyim, M.Ag.

Di setiap lokasi, acara pengajian akbar tersebut mendapatkan sambutan yang baik dari para Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT) yang mengikuti acara dengan khidmat dan sungguh-sungguh. Pada masing-masing pengajian akbar tersebut sekitar 250-400 umat muslim Indonesia menghadiri dan mengikuti kegiatan dengan seksama. Mereka juga berkesempatan mengajukan pertanyaan serta berdiskusi dan berdialog langsung dengan para narasumber. Kegiatan siraman rohani Islam ini merupakan bentuk pembinaan KJRI Hong Kong kepada warga Indonesia sehingga diharapkan mereka dapat terus menjaga kapasitas pribadinya sebagai umat muslim dan warga negara Indonesia di Hong Kong.