KJRI Hong Kong Dorong Pengaturan Exterior Window Cleaning oleh Domestic Helper Di Hong Kon

10/31/2016

​​

PRESS RELEASE​​

THE CONSULATE OF THE REPUBLIC INDONESIA- HONG KONG SAR
127-129 Leighton Road, Causeway Bay-Hong Kong

Tel: (+852)36510200 Fax: (+852)28950139

email: info@cgrihk.com

​ 

KJRI Hong Kong Dorong Pengaturan

Exterior Window Cleaning oleh Domestic Helper Di Hong Kong

 

Menanggapi situasi tidak menguntungkan pasca jatuhnya korban pekerja migran akibat tugas pembersihan jendela luar, KJRI Hong Kong telah melakukan rangkaian  pertemuan dengan Konsulat Jenderal Filipina, Departemen Ketenagakerjaan Hong Kong, dan Asosiasi Agensi Hong Kong untuk membahas perihal pelarangan Domestic Helper (DH) melakukan kegiatan dimaksud.

Berbagai pertemuan di atas dilakukan dalam berbagai tingkatan, termasuk pembicaraan per telepon langsung antara Konjen RI HK dengan Mr. Carlson Chan, Komisioner Departemen Ketenagakerjaan Hong Kong. Pertemuan di Departemen Ketenagakerjaan Hong Kong dilangsungkan pada tanggal  27 Oktober 2016 dan dihadiri oleh KJRI dan konsulat negara lain untuk mencari solusi atas permasalahan ini.   

"Kami berencana dalam minggu ini akan berkonsultasi dengan pemangku kepentingan terkait seperti Asosiasi Para Majikan Hong Kong untuk membahas hal tersebut. Hasil konsultasi tersebut akan disampaikan kepada konsulat-konsulat jenderal asing di Hong Kong pada tanggal 14 November 2016 dan kebijakan pengaturan baru ini akan  diimplementasikan pada awal tahun 2017" ujar Carlson K S Chan.

Sesuai ketentuan yang berlaku, Departemen Ketenagakerjaan Hong Kong merupakan pihak yang mengeluarkan dokumen kontrak kerja resmi DH. KJRI Hong Kong akan terus berkoordinasi dengan pihak pemerintah Hong Kong untuk menjamin keselamatan, keamanan dan kenyamanan kerja para BMI.

​ 

KJRI Hong Kong, 31 Oktober 2016