Layanan Tenagakerja

​​​​​​​       ​​Pelayanan Fungsi Tenaga Kerja KJRI Hong Kong meliputi :

  1. Melegalisasi Job Order baru dan perpanjangan.
  2. Melegalisasi kontrak kerja baru dan perpanjangan bagi  penempatan tenaga Kerja Indonesia. 
  3. Memfasilitasi pengaduan dan penyelesaian kasus-kasus ketenagakerjaan.
  4. Memfasilitasi pembinaan dan perlindungan PMI bekerjasama dengan lembaga/instansi terkait.
  5. Memfasilitasi Peningkatan kapasitas PMI melalui berbagai kegiatan peningkatan  ketrampilan dan sosialisasi berbagai informasi terkait dengan peraturan ketenagakerjaan, kewirausahaan dan Parenting.
  6. Bekerjasama dengan lembaga dan instansi terkait penyebarluasan informasi yang terkait dengan kepentingan PMI.


     BERIKUT INFORMASI TERKAIT DENGAN PELAYANAN FUNGSI TENAGA KERJA KJRI HONG KONG

​1.    PELAYANAN JOB ORDER

Beberapa informasi terkait legalisasi Job Order baru dan perpanjangan, berikut persyaratanya antara lain :

  1. Surat persetujuan (agreement) yang asli antara PJTKI dan agensi di Hong Kong dengan menggunakan materai Rp. 6,000,-.
  2. Formulir permintaan (employment order form) untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) oleh agensi di Hong Kong yang asli dan fotocopy hal. 1 & 2, beserta 20 halaman yang terdapat chop/ stamp dari Kemenaker RI/ BNP2TKI.
  3. Surat rekomendasi BNP2TKI/ Menaker RI.
  4. Fotocopy SIUP – PJTKIS
  5. Fotocopy paspor RI/ KTP Indonesia
  6. Fotocopy Lisensi KJRI
  7. Fotocoy HK ID Card
  8. Fotocopy Hong Kong Bussiness Registration
  9. Fotocopy HK Labour Licence
  10. Biaya legalisasi HK$ 465.-
  11. Proses 3 hari kerja
  12. Pembayaran hanya menggunakan cek
     

2.    PELAYANAN KONTRAK KERJA (EMPLOYMENT CONTRACT )
Beberapa persyaratan untuk melegalisasi kontrak kerja baru dan perpanjangan bagi penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) antara lain :

NoKontrak Kerja Baru (New)Kontrak Kerja Perpanjangan (Renewal)Amandement Kontrak Kerja (Employment Contract)
1.Surat Jaminan (Guarantee) dari MajikanSurat pernyataan jaminan dari AgensiKontrak asli
2.Copy HK ID Card MajikanSurat jaminan dari majikanBiaya HK$ 155
3.Copy paspor PMICopy HK ID majikanProses 1 hari kerja
4.Sertifikat dari Kementerian Tenaga Kerja RICopy HK ID PMI 
5.Surat Keterangan sehat dari Dokter (medical check up)Copy Paspor PMI 
6.Sertifikat Pelatihan dari PJTKI (asli)Copy kontrak kerja lama 
7.Biaya HK$ 310,-Surat keterangan sehat dari Dokter (medical check up) 
8.Proses 3 hari kerjaSurat pemberitahuan ke agensi lama (apabila terdapat perpindahan agensi) 
9.-Surat pemberitahuan ke PT yang lama dari PT yang baru (apabila terdapat perpindahan PT) 
10.-Biaya HK$ 310 
11.Pembayaran hanya menggunakan cekProses 3 hari kerja 

  

3.    PELAYANAN PENGADUAN PMI BERMASALAH

Pelayanan pengaduan yang dilayani setiap hari kerja Senin sampai Jum'at dari jam 09.30 sampai dengan 17.00. Pada hari Minggu pelayanan dilakukan mulai pukul 12.00 sampai dengan 15.00. Jenis masalah yang dihadapi pada umumnya perselisihan antara majikan dan PMI, serta PMI dengan agensi. Selain itu para PMI juga mengadukan masalah pemutusan hubungan kerja (phk) atau terminate, gaji yang belum dibayar, overstay, dan lain-lain. Berikut alur pelayanan penerimaan pengaduan PMI di KJRI Hong Kong :

1)    PMI datang ke KJRI melaporkan masalah dan mengisi form pengaduan.

2)    KJRI mendengarkan pengaduan tersebut dan memberikan solusi penyelesaian dengan prinsip kepedulian dan keberpihakan            kepada PMI

3)    a. KJRI menghubungi agensi untuk klarifikasi pengaduan

       b. Agensi menghubungi Majikan untuk mendapatkan informasi lengkap

4)    KJRI mempertemukan PMI, agensi dan bila perlu majikan untuk menyelesaikan masalah

5)    Jika tidak ada kesepakatan maka akan diteruskan ke Labour Departmen di Hong Kong

6)    Jika ada kesepakatan, dan  masalah dianggap selesai dengan berpihak kepada PMI sesuai aturan yang berlaku

7)    Diadakan evaluasi laporan pengaduan PMI tersebut dari hasil pertemuan

8)    Jika ditemukan indikasi majikan melanggar hukum dan jahat terhadap PMI maka majikan tersebut dimasukkan dalam Watching        list sehingga tidak bisa mengambil pekerja migran dari Indonesia lagi dimasa depan

9)    Jika ditemukan indikasi agensi melakukan kesalahan fatal terhadap PMI maka agensi akan diberi sanksi seperti: teguran,                    suspend proses kontrak sementara atau pencabutan lisensi dari KJRI.

 Pelayanan pendampingan kepada PMI yang overstay pada saat mereka lapor diri ke departmen Imigrasi Hong Kong. Pelayanan ini dilakukan untuk memberikan perhatian dan kepedulian Pemerintah kepada PMI yang sedang menghadapi masalah khususnya masalah overstay. Sebab-sebab PMI overstay beragam mulai dari ketidaktahuan mereka tentang peraturan Pemerintah Hong Kong yang hanya membolehkan tinggal di Hong Kong selama 14 hari setelah terminate atau finish kontrak, alasan malu pulang ke kampung halaman karena belum mempunyai tabungan sehingga mencoba mencari pekerjaan part-time, dan masalah dampak hubungan dengan warga negara asing antara lain hamil dan melahirkan. 

Berikut alur pelayanan proses pendampingan PMI overstay : 

  1. PMI datang ke KJRI melaporkan masalah dan mengisi form pengaduan.
  2. KJRI Mendengarkan pengaduan tersebut dan mengatur jadwal untuk dibawa ke Imigrasi Hong Kong untuk menyerahkan diri dan membuat laporan.
  3.  Staf Tenaga Kerja mendampingi PMI membuat laporan ke bagian Investigasi Imigrasi di Kowloon Bay, Hong Kong dan dokumen diri ybs akan ditahan Imigrasi.
  4. a.  Selesai melapor, jika tidak ada catatan kejahatan lainnya maka ybs akan diijinkan pulang​ untuk menunggu proses                    investigasi selesai. Biasanya ditampung di Shelter KJRI Hong Kong.                                                                                                b. Jika memiliki catatan kejahatan, biasanya akan ditahan di penjara Imigrasi sampai proses investigasi selesai. Sesuai                    jadwal yang ditentukan akan diminta melapor kembali ke Imigrasi Kowloon Bay, Hong Kong untuk mendapatkan jadwal Sidang. Staf Tenaga Kerja  akan medampingi PMI overstay untuk menghadiri sidang.
  5. a. Bagi yang overstay lebih dari 2 tahun akan di penjara sebelum dipulangkan ke Tanah Air.
    b. Bagi yang overstay kurang dari 2 tahun, ybs mendapatkan surat tertutup yang
        ditujukan ke Imigrasi di Airport Hong Kong.
  6. Tiket dan dokumen akan dikembalikan oleh Imigrasi untuk selanjutnya kembali
    ke Tanah Air.                                                                                                                                                                                                                                         ​                                                                                                                                                        PELAYANAN PENGURUSAN PEMULANGAN JENAZAH PMI                                     ​                                                                 Pelayanan pengurusan pemulangan jenazah PMI. Pemulangan jenazah ke kampung halaman telah diurus dengan berkordinasi dengan pihak pemerintah Hong Kong (mortuary court dan Hong Kong funeral), agensi penempatan PMI dan PPTKIS yang memberangkatkan PMI tersebut dan diserahkan langsung kepada keluarga almarhumah dan atau yang mewakili keluarga dengan disaksikan oleh pemerintah daerah terkait (antara lain Dinas Tenaga Kerja Provinsi/Kab/Kota serta BP3TKI setempat). Berikut proses pengurusan pemulangan Jenazah PMI di Hong Kong : 
No.​​​​Pelayanan yang diberikan​​​​​​
1.Identifikasi Jenazah
2.Pengiriman berita duka ke keluarga
3.Otopsi Jenazah oleh Tim Rumah Sakit
4.Pengurusan penitipan jenazah di Tempat penitipan mayat di rumah duka Hung Hom (Universal Parlo​ur)
5.Pembuatan dokumen perjalanan untuk pengiriman jenazah
6.Pengurusan barang milik almarhumah yang akan dikirim kepada ahli waris
7.Pengurusan memandikan almarhumah dan memberikan 'kain kafan' oleh Tim dari Masjid di Hong Kong
8.Pembuatan dokumentasi photo setelah Almarhumah diberikan kain kafan untuk diserahkan kepada keluarga atau ahli waris
9.Pelaksanaan sholat jenazah bagi yang beragama Islam dan Kebaktian bagi yang beragama Kristen/Katholik
10.Pengiriman Berita untuk Penjemputan Jenazah di Bandara Indonesia
11.Pengurusan 'death certificate' dari Coroner Court
12.Penutupan peti jenazah
13.Pengaturan pemulangan Jenazah ke kampung halaman
14.Pendampingan Jenazah ke kampung halaman (untuk kasus khusus)
15.Penyerahan Jenazah kepada pihak keluarga atau yang mewakili

 

​4.    MENINGKATKAN KAPASITAS PMI DI HONG KONG

Kegiatan pembinaan yang dilaksanakan oleh fungsi tenaga kerja kepada para PMI yang bekerja di Hong Kong adalah kegiatan-kegiatan untuk peningkatan pengetahuan dan ketrampilan para PMI. Tujuannya adalah untuk kelancaran pelaksanaan tugas-tugas sehari-harinya sebagai Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT) dan untuk bekal masa depan para PMI setelah selesai bekerja di Hong Kong. Kegiatan-kegiatan peningkatan ketrampilan tersebut meliputi penyuluhan tentang hak dan kewajiban bekerja sebagai 'domestic helpers' di Hong Kong, peningkatan ketrampilan memasak, peningkatan ketrampilan berbahasa kanton, peningkatan ketrampilan menjahit, penyuluhan kesehatan dan keselamatan kerja dan pembekalan kepada mereka yang akan pulang dalam acara 'exit program'. Kegiatan-kegiatan peningkatan ketrampilan ini merupakan kegiatan-kegiatan pembinaan fungsi tenaga kerja yaitu  terbagi  menjadi 3 (tiga) kegiatan yaitu pembinaan pada saat pertama kali datang ke Hong Kong yang disebut 'welcoming program', kegiatan selama bekerja di Hong Kong yang disebut 'during stay program' dan kegiatan pembekalan bagi mereka yang akan kembali ke tanah air disebut 'exit program'. Berikut kegiatan pembinaan yang dilaksanakan oleh fungsi tenaga kerja KJRI Hong Kong :

1. Welcomig Program Bagi PMI di Hong Kong ( baca selengkapnya )

2. Sosialisasi/ Penyuluhan Kesehatan dan Keselamtan Kerja Bagi PMI di HONG KONG​ ( baca selengkapnya​ )

3. ​Peningkatan Ketrampilan Bahasa Kantonis  ( baca selengkapnya ​)

4. Kegiatan Peningkatan Ketrampilan Memasak ( baca selengkapnya ​)

5. ​Kegiatan Peningkatan Ketrampilan Menjahit ( baca selengkapnya )

6. Exit Program ( baca selengkapnya )