Hong Kong

​​

KETERANGAN DASAR

HONG KONG


Hong Kong adalah wilayah administrasi khusus dari Republik Rakyat Tiongkok yang terletak di sebelah selatan propinsi Guangdong dan berbatasan dengan kota Shenzhen. Hong Kong merupakan kota yang mengandalkan ekonominya pada bidang jasa. Hong Kong dikenal dengan Global Hub for Financial Service di mana terdapat hampir seluruh institusi keuangan dunia yang berkantor cabang di Hong Kong.

Selain itu, Hong Kong juga menarik jumlah turis yang luar biasa banyaknya tiap tahun sehingga menjadi penggerak kehidupan ekonomi masyarakat Hong Kong khususnya warga yang memiliki bisnis retail, restaurant, penginapan dan travel operator. Tercatat pada tahun 2015, terdapat 59.3 juta wisatawan mancanegara yang mengunjungi Hong Kong (bandingkan dengan wisatawan mancanegara yang mengunjungi Indonesia pada tahun 2015 yang berjumlah sebanyak 8,8 juta jiwa).

 

Data tentang Hong Kong 2015

 

Sektor Utama        : Sektor jasa pariwisata dan pameran (retail, restaurant, hotel, industri pameran dan even-even bertaraf internasional), jasa finasial (persewaan kantor cabang).

Faktor Pendukung :  Kondisi politik yang relatif stabil, kebijakan Hong Kong yang terbuka (Hong Kong memiliki perjanjian bebas visa dengan 173 negara), infrastruktur dan sarana transportasi yang bagus, keamanan, dan jumlah atraksi yang beragam (shopping paradise, amusement parks, wisata alam, sejarah, dan pintu masuk menuju Macau dan RRT daratan).

Populasi                    :        7,31 jiwa

Tenaga Kerja            :        3,87 juta jiwa

GDP                          :        USD 307,3 milyar   

GDP per kapita         :        USD 42,100

GDP Real Growth     :        USD +2,4%

Inflasi                         :       +3,0

Unemployment Rate :         3,3%

Retail Sales Growth   :        -3,7%

Visitor Arrival Growth:        -3,9%

Nilai Tukar                 :        HKD telah di-pegged kepada USD sejak tahun 1983

                                           USD 1 = HKD 7,7

Sumber Daya Alam  :         Tidak ada

Mitra Ekspor Utama  :        Amerika Serikat, RRT, Inggris, Singapura, Taiwan

Mitra Impor Utama    :       RRT, Jepang, Taiwan, Amerika Serikat, Singapura, Uni Eropa


Tingkat Suku Bunga


Berdasarkan data di atas tingkat suku bunga di Hong Kong pada tahun 2016 adalah sebesar 0,75 % sedangkan di tahun-tahun sebelumnya sebesar 0,5%

Tingkat suku bunga di Hong Kong diputuskan oleh Hong Kong Monetary Authority (HKMA). 

Berikut ini data tentang tingkat suku buku yang dikeluarkan oleh HKMA pada bulan awal bulan Oktober 2016.

 

Bilateral Indonesia-Hong Kong

Bidang Ekonomi

 

Bidang Perdagangan

Indonesia = negara tujuan ekspor Hong Kong ke-22 (2015)

Total Nilai Perdagangan Indonesia-Hong Kong: US$ 5,04 milyar.

Produk Ekspor Utama Hong Kong ke Indonesia adalah:

Telecom equipment&part (19.7% share), knitted and crocheted fabrics (7.6% share), computers (5.7%), electrical machinery & apparatus (32.6%), cotton fabrics (4.2%)

Produk Ekspor Utama Indonesia ke Hong Kong adalah:

Batu bara not agglomerated (32.6%), telecom equipment & parts (13.4%) and edible products and preparations (7.8%)

                                     

Bidang Investasi

Hong Kong merupakan realisasi Investor peringkat ke-6 di Indonesia (naik tiga tingkat di mana di tahun sebelumnya Hong Kong menduduki peringkat ke-9, Sedangkan RRT menduduki peringkat ke-9 dan Taiwan ke-15)

Jumlah realisasi investasi Hong Kong di Indonesia: US$ 937 juta (sebanyak 422 proyek)

Sektor investasi Hong Kong ke Indonesia: sektor pertanian, perikanan, perkebunan, kontruksi, hotel & restoran, power station dan gas, transportasi gudang dan telekomunikasi.

Untuk investasi Indonesia di Hong Kong tidaklah banyak. Invest Hong Kong memberikan informasi bahwa dalam tahun 2015 terdapat 3 (tiga) perusahaan Indonesia yang berdiri di Hong Kong beserta 19 kantor cabang (termasuk BUMN/S Indonesia di Hong Kong). Indonesia tidak masuk dalam ranking 10 besar sebagai negara investor di Hong Kong.

 

Data Perdagangan dan investasi Indonesia-Hong Kong dalam lima tahun terakhir

 

Tahun

 

Total Nilai PerdaganganRealisasi Investasi Hong Kong ke Indonesia
2011

USD 5.680 milyar

 

USD 135 juta

2012

 

USD 4.562 milyarUSD 310 juta

2013

 

USD 3.510 milyarUSD 376 juta

2014

 

USD 5.130 milyarUSD 657 juta

2015

 

USD 5.04 milyarUSD 937 juta

 

 

Kerjasama Ekonomi Indonesia-Hong Kong

 

1.    Pada tanggal 18 Mei 2016, Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) menandangani MoU kerjasama dengan Invest Hong Kong (InvestHK) di bidang peningkatan investasi di masing-masing pihak. Dalam MoU tersebut, BKPM-InvestHK setuju untuk melakukan saling tukar menukar informasi terkait cara maupun metode meningkatkan investasi. Dalam kegiatan tersebut, Kepala BKPM, Franky Sibarani serta PLH (Pelaksana Harian) Direktur Jenderal InvestHK, Charles NG melakukan penandatangan bertempat di kantor InvestHK.

2.      Kantor Perwakilan Hong Kong Trade and Development Council (HKTDC) resmi berdiri dan beroperasi di Jakarta pada tanggal 10 Februari 2015. HKTDC merupakan badan semi pemerintah Hong Kong SAR (karena pejabatnya dijabat oleh kalangan swasta dan pemerintah) yang memiliki fungsi utama untuk mempromosikan perdagangan Hong Kong di dunia. Badan tersebut didirikan pada tahun 66 dan pada saat ini telah memiliki lebih dari 40 kantor perwakilan di luar Hong Kong.

Saat ini HKTDC telah menjadi platform utama pemerintah Hong Kong untuk mempromosikan perdagangan Hong Kong sekaligus juga pameran dagang bertaraf internasional yang diikuti oleh hampir seluruh negara di dunia. HKTDC tercatat menyelenggarakan 110 pameran dagang bertaraf internasional dari segala jenis produk barang dan jasa setiap tahunnya. Kantor perwakilan HKTDC secara resmi untuk melakukan promosi dagang di Hong Kong melalui platform HKTDC.telah dibuka di Jakarta sejak tanggal 10 Februari 2015. Dengan dibukanya kantor HKTDC, diharapkan hubungan promosi perdagangan Indonesia-Hong Kong dapat ditingkatkan, mengingat tugas utama perwakilan HKTDC di Jakarta adalah untuk memfasilitasi UKM/pengusaha Indonesia.

Sampai saat ini, KJRI Hong Kong terus berperan aktif dalam berkoordinasi dengan HKTDC guna menyelenggarakan pameran dagang (produk-produk UKM Indonesia) dan investasi Indonesia di Hong Kong.

3.      Menindaklanjuti pertemuan bilateral Presiden SBY dan CE Hong Kong, CY Leung di sela-sela KTT APEC di Bali 6 Oktober 2013 lalu, kedua kepala pemerintah telah menyetujui upaya peningkatan hubungan persahabatan Indonesia-Hong Kong melalui pendirian kantor perwakilan pemerintah Hong Kong SAR, Hong Kong Economic and Trade Office (HKETO).

Selama ini kantor perwakilan HKETO Singapura menjadi kantor perwakilan pemerintah Hong Kong yang merangkap hubungan pemerintah Hong Kong dangan negara-negara ASEAN.

Setelah mendapatkan ijin prinsip dari Pemerintah Indonesia dan RRT yang ditegaskan telah lagi oleh Presiden Jokowi saat menerima kunjungan kerja Chief Executive Hong Kong SAR, Mr. C.Y Leung di Jakarta pada tanggal 17 September 2015. HKETO resmi dibuka dan beroperasi di Jakarta sejak tanggal 12 Juni 2016 serta melakukan soft opening dan beroperasi mulai tanggal 13 Juni 2016.