Promosi Wonderful Indonesia, Upaya Kemenpar Garap Pasar Vietnam

Kemenpar RI dengan dukungan KJRI HCMC pada 28-29 November 2015 menyelenggarakan promosi Wonderful Indonesia sebagai upaya untuk menggarap pasar Vietnam. Dengan populasi 88,775 juta, terbanyak ketiga di ASEAN, serta dikunjungi oleh 7,874 juta wisman pada 2014, menjadikan Vietnam pasar yang potensial untuk digarap.
Menurut data pada Vietnam Tourism Association (VITA), pada 2012 terdapat 3,5 juta masyarakat Vietnam yang melakukan perjalanan wisata ke luar negeri dengan total pengeluaran sebesar US$ 3,5 miliar. Setiap tahunnya masyarakat Vietnam yang melakukan perjalanan ke luar negeri sekitar 1,1 juta ke Tiongkok, 1 juta ke Kamboja, 500 ribu ke Thailand, 300 ribu ke Singapura, 200 ribu ke Malaysia dan 110 ribu ke Korea Selatan, serta sejumlah lainnya yang melakukan perjalanan ke Amerika dan Eropa. Selama lima tahun terakhir pasar tersebut bertumbuh sebesar 20%.
Promosi yang dilakukan Kemenpar di HCMC diselenggarakan di Cresent Mall, terletak di daerah pemukiman baru di HCMC yang menjadi tempat domisili masyarakat Vietnam kelas menengah atas, ekspatriat dan lokasi sejumlah sekolah internasional.
Promosi dilakukan dengan menampilkan berbagai produk budaya Indonesia, Candi Borobudur tampil di depan menyambut pengunjung. Usai melewati pintu masuk yang berada di Candi Borobudur tersebut, pengunjung disuguhi berbagai berbagai atraksi interaktif seperti main angklung, membatik dan melukis wayang, bahkan pada waktu tertentu pengunjung diajak menari bersama oleh para penari profesional dari Indonesia. Selain itu pengunjung dapat mengambil foto pada booth foto berupa gapura Bali, atau pada booth pakaian tradisional dan topeng.
Guna menambah daya tarik promosi pada waktu tertentu di pintu masuk tampil sepasang pemeraga menggunakan kostum karnaval bunga. Tidak ketinggalan live music perpaduan antara sasando, gondang Batak dan biola diperdengarkan untuk menarik dan menghibur pengunjung. Menambah semarak acara promosi, perpaduan alat musik tersebut mengiringi alunan lagu Indonesia yang dinyanyikan Pelaksana Fungsi Pensosbud HCMC, serta mahasiswa Jurusan Studi Indonesia yang hadir.
Sebelum pelaksanaan promosi Wonderful Indonesia, sejak 25-27 November 2015 dilaksanakan kegiatan teasing, yakni kegiatan promosi di berbagai lokasi yang ramai, antara lain di daerah perbelanjaan kelas menengah atas di pusat HCMC, area perkantoran serta Youth Cultural House.
Sumber: KJRI Ho Chi Minh City