Masyarakat dan Perusahaan Indonesia Beri Dukungan dan Berpartisipasi Pada Consular Club Annual International Charity Bazaar

KJRI HCMC memfasilitasi partisipasi masyarakat dan perusahaan Indonesia di HCMC dan sekitarnya pada Consular Club HCMC (CC HCMC) Annual International Charity Bazaar ke-22. Sepanjang tahun 2015, CC HCMC telah mendukung kegiatan kemanusiaan berbagai organisasi dengan bantuan bernilai sekitar VND 2 miliar.
 
Partisipasi masyarakat Indonesia diberikan dalam bentuk pembelian sejumlah raffle tickets, maupun melalui penjualan berbagai produk Indonesia berupa kuliner Indonesia; gaun dan scarf batik; kerajinan tangan hiasan dinding dan tudung saji; perhiasan, accessories, dompet dan tas.  Sementara perusahaan Indonesia berpartisipasi sebagai sponsor kegiatan International Charity Bazaar ke-22. Perusahaan dimaksud adalah Alkana Vietnam, Semen Indonesia, SADACO dan Tupperware Indonesia. Sponsorship CC Charity Bazaar dikategorikan dalam platinum, gold, silver dan bronze. Atas dukungannya, Semen Indonesia memperoleh gold sponsorship category, SADACO memperoleh silver sponsorship category, serta Alkana dan Tupperware memperoleh bronze sponsorship category.  
 
Selain menjadi sponsor penyelenggaraan bazar amal, Tupperware bersama Kalbe International dan Mayora memanfaatkan kesempatan tersebut untuk melakukan promosi dan penjualan produk. Mayora berhasil menjual habis produk permen Kopiko, biskuit Roma, Malkist dan Coffe Joy. Sementara Kalbe International mempromosikan Fitbar, Hydrococo dan Diabetasol.
 
Bersama masyarakat dan perusahaan Indonesia, terdapat sejumlah perusahaan dan UKM Vietnam yang difasilitasi KJRI HCMC untuk berpartisipasi pada International Charity Bazaar tersebut. Perusahaan dan UKM tersebut adalah Nam Long Drago Coffee, Kieu Chinh handmade shop, Quynh Vy painting, serta tiga UKM yang memproduksi dan menjual pakaian dan perlengkapan bayi.
 
Dari kegiatan penjualan produk masyarakat dan perusahaan Indonesia, perusahaan dan UKM Vietnam, serta sponsor dari Indonesia pada International Charity Bazaar ke-22 tersebut dikumpulkan dana sekitar VND 105 juta (US$ 4.600) yang diserahkan kepada CC HCMC melalui KJRI HCMC.
 
International Charity Bazaar ke-22 diikuti oleh perwakilan dari 18 negara yang menjajakan produk-produknya melalui 60 stan. Sekitar 2.000 pengunjung dari berbagai kebangsaan mengunjungi bazar amal tersebut.
 
Organisasi CC HCMC yang pengurusnya terdiri  dari para pasangan Konsul Jenderal/Konsul Honorer, dimana istri Konjen RI HCMC, Ibu Rita Anes menjabat sebagai bendahara/treasurer. CC HCMC setiap tahunnya menyelenggarakan International Charity Bazaar. Bazar amal tersebut merupakan salah satu sumber pendanaan kegiatan bakti kemanusiaan/amal CC HCMC yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup dari kelompok yang paling kurang beruntung di HCMC dan provinsi sekitarnya.
 
Kegiatan kemanusiaan CC HCMC pada 2015 telah memberikan bantuan kepada berbagai organisasi dan instansi di HCMC dan provinsi-provinsi di bagian selatan Vietnam dengan nilai sekitar VND 2 miliar. Dukungan diberikan guna mendanai pembangunan instalasi penyediaan air bersih; pengadaan fasilitas pendidikan dan beasiswa; pengadaan alat dan perlengkapan kesehatan; serta pengadaan  peralatan memasak bagi organisasi-organisasi yang menyediakan makanan setiap hari bagi masyarakat yang kurang beruntung. 
 
Sumber: KJRI Ho Chi Minh City