Mahasiswa Vietnam Tertarik Budaya Indonesia

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

“Vietnam and Indonesia share many similarities in their cultures and economic development”, demikian disampaikan Acting Konjen RI Ho Chi Minh City saat memberikan kuliah umum di University of Social Science and Humanities (USSH) akhir pekan lalu, 26 November 2009 dalam tema “the people and culture of Indonesia”. 
 
Kuliah dihadiri oleh sekitar 100 mahasiswa 3 universitas di HCMC dari program studi Bahasa Indonesia, Thailand dan Antropologi, serta dihadiri pula oleh Dr. Truong Thi Kim Chuyen (Ms), wakil rektor USSH. Dr. Truong pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan KJRI menjadi dosen tamu. Beberapa mahasiswa dari Hong Bang University dan Open University juga terlihat mengikuti ceramah dengan tekun bersama seorang dosen pembimbingnya.
 
Dalam kuliah umumnya, Acting Konjen HCMC menjelaskan secara sistematis dan mendetail karakteristik masyarakat Indonesia yang terkenal dengan sikap keterbukaan, ramah, kekeluargaan dan gotong royongnya. Selain itu, dijelaskan pula mengenai beberapa budaya Indonesia seperti wayang dan batik yang saat ini telah diakui sebagai warisan budaya dunia.
 
Kuliah yang berlangsung selama 3 jam tersebut mendapat tanggapan sangat baik dari mahasiswa yang antusias dan bersemangat. Hal ini terlihat dari aktifnya partisipasi mahasiswa dalam memberikan pertanyaan, tanggapan maupun saran. Banyak pertanyaan dari mahasiswa mengenai batik, baik yang terkait asal usul, proses pembuatan, ataupun penggunaannya. Sementara itu, seorang mahasiswa menyatakan ketertarikannya terhadap literatur Indonesia dan berharap literatur-literatur tersebut dapat diterjemahkan dalam bahasa Vietnam. Menanggapi hal tersebut, KJRI menyambut secara positif dan menyatakan akan mengadakan penjajakan dikemudian hari.
 
Kuliah umum diawali oleh penampilan tari tradisional Ondel-ondel dari Betawi yang memukau dan menarik perhatian mahasiswa dibawakan oleh 3 orang mahasiswa USSH. KJRI memanfaatkan berkumpulnya mahasiswa yang mempelajari Bahasa Indonesia dan ilmu sosial lainnya untuk mengumumkan program beasiswa pendidikan untuk mempelajari bahasa, seni dan budaya di Indonesia.  Dr. Truong dalam kesempatan ini mengharapkan kuliah umum demikian dapat ditingkatkan untuk lebih memperkenalkan Indonesia kepada para mahasiswa Vietnam karena mereka merupakan calon pemimpin dan generasi penerus yang merupakan duta-duta persahabatan kedua bangsa.