Kegiatan Bakti Sosial, Sumbang Darah: Berguna Bagi Sesama, Berguna Bagi Negara

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sambil menyelam minum air. Peribahasa tersebut terbukti kebenarannya saat berlangsungnya aksi sosial donor darah komunitas Indonesia HCMC dan sekitarnya di KJRI Ho Chi Minh City pada tanggal 24 Januari 2010, jam 13.30

 

Dari keinginan hanya ingin memberikan sesuatu yang berarti bagi negara tempat kita berada, ternyata aksi donor darah ini juga menjadi hal yang monumental. Inilah kegiatan donor darah yang pertama kali di HCMC kalau tidak di Vietnam yang dilakukan oleh organisasi wakil pemerintahan negara asing, demikian pernyataan wakil direktur Pusat Kemanusian Donor Darah Palang Merah Vietnam cabang Ho Chi Minh City, dr. Pham Van Quan.

 

Kegiatan sosial donor darah yang diprakarsai beberapa WNI yang tinggal dan bekerja di HCMC ini disambut positif oleh KJRI HCMC dan menindak-lanjuti dengan menghubungi VRC (Vietnam Red Cross) HCMC dan melakukan koordinasi sehingga aksi sosial donor darah komunitas Indonesia di Ho Chi Minh City dan sekitarnya dapat dilaksanakan secara sukses dan berkesan

 

Dalam kata sambutan pengantarnya Acting Konjen KJRI HCMC, Dalton Sembiring mengungkapkan rasa terima kasih atas kesediaan dan kebersamaan semua anggota masyarakat atas terselenggaranya aksi sosial donor darah ini.

Beliau juga menegaskan bahwa ke-bhineka-an WNI HCMC (yang nyata dari beragam tugas yang menjadi kewajiban dalam penugasan di HCMC dan tempat tinggal yang tersebar) tidak menghalangi untuk bersatu mensukseskan aksi sosial donor darah ini.

 

Sementara Pusat Kemanusian Donor Darah VRC HCMC yang diwakili langsung oleh wakil direkturnya, dr. Pham Van Quan menyampaikan rasa terima kasih kepada KJRI HCMC untuk mengorganisir WNI HCMC dan sekitarnya dan menyerahkan piagam ungkapan terima kasih dari Pusat Kemanusian Donor Darah VRC HCMC.
 
http://www.deplu.go.id/hochiminhcity/Picture/News012010/DonorDarah/CenderaMata.jpg

Penyerahan piagam ungkapan terima kasih untuk KJRI HCMC, plakat KJRI HCMC untuk Pusat Kemanusian Donor Darah Palang Merah Vietnam Cabang Ho Chi Minh City

 

Aksi sosial donor darah dimulai dengan memberikan kesempatan pertama kepada Acting Konjen HCMC untuk mendonorkan darahnya, tentu setelah melalui prosedur wajib bagi pendonor darah.

Kemudian dilanjutkan oleh pendonor lain, yang pada acara aksi sosial donor darah ini berjumlah total 44 orang dari total jumlah pendaftar 48 orang.

Kaum wanita WNI HCMC juga membuktikan kepedulian mereka akan aksi sosial donor darah ini dengan menyumbangkan 27.72% atau 10 orang.

 

http://www.deplu.go.id/hochiminhcity/Picture/News012010/DonorDarah/KeepSmile.jpg

Siapa bilang donor darah sakit, tetap ceria sekalipun jarum menusuk pembuluh darah

 

Suatu yang cukup unik dari tatacara Pusat Kemanusian Donor Darah VRC HCMC adalah mendorong dan fasilitasi bagi penyumbang darah untuk memberikan secara efektif berdasarkan rasa kemanusiaan-kesehatan-kesediaan pendonor.

Pendonor dikatagorikan berdasarkan berat badan, 45-55kg, 55-60kg dan diatas 60kg. Kelompok pertama menyumbang 250ml, kelompok kedua 350ml dan terakhir 450ml.

Pada kesempatan ini ada 7 orang yang sesuai persyaratan menyumbangkan darah sebanyak 450ml, 13 orang mendonorkan 350ml dan 24 orang sebanyak 250ml. Total darah yang dikumpulkan dari 44 orang pendonor sebanyak 13700ml.

 

Setelah darahnya disumbangkan pendonor dipersilahkan menikmati hidangan yg disediakan oleh Ibu-ibu DWP KJRI HCMC.

 

KJRI HCMC bekerja sama dengan WNI HCMC merencanakan untuk terus melakukan aksi sosial donor darah ini dan merencanakan untuk menjadi kegiatan tetap yang pelaksanaannya dikaitkan dengan perayaan HUT Kemerderkaan RI, peringatan hari donor darah Vietnam, ataupun pada waktu/bulan yang mana kebutuhan darah meningkat di Vietnam.

 

http://www.deplu.go.id/hochiminhcity/Picture/News012010/DonorDarah/AkhirBabak1.jpg

Unit mobil dari Pusat Kemanusian Donor Darah Palang Merah Vietnam berfoto bersama staff KJRI HCMC.

 

Dirgahayu WNI HCMC dan sekitarnya, Dirgahayu Indonesia.