KJRI HCMC Menanggapi Undangan Ketua Dewan Rakyat Propinsi Binh Duong; Diplomasi antar Pemerintah, Promosi Ekonomi dan Perlindungan BHI

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Kegiatan perlindungan BHI (Badan Hukum Indonesia) yang nyaris tidak terdengar karena berbagai sebab, mulai bergemerisik pada tanggal 25 Februari 2010, saat ACG (Acting Consul General) KJRI HCMC, Dalton Sembiring beserta rombongan memenuhi undangan Ketua Dewan Rakyat Vietnam propinsi Binh Duong.

Rombongan yang melakukan kunjungan kehormatan tersebut terdiri dari; Taufiqul Hidayah, staff bidang Ekonomi KJRI HCMC, Mr. Peter C K dan staff dari PT Supra Sumber Cipta.

 

ACG dan rombongan  diterima oleh Mr. Nguyen Hoang Son, Chairman People’s Committee propinsi Binh Duong yang didampingi oleh direktur Department of Commerce, direktur Binh Duong Industrial Department of Construction, Depatement Luar Negeri propinsi Binh Duong, direktur Doang An Industrial Park dan direktur Bank for Agriculture and Rural Development (Agribank).

 

FullTeamVisit

Suasana Ruang Pertemuan antara delegasi KJRI HCMC dan People’s Committee propinsi Binh Duong

 

ACG menyampaikan terima kasih atas undangan ini, sekaligus memperkenalkan potensi perekonomian Indonesia yang cukup besar guna lebih meningkatkan kerjasama kedua negara, khususnya dalam bidang perdagangan dan investasi.

 

Total investasi BHI pada tahun 2009 sebanyak 22 proyek bernilai 197,99 juta dolar Amerika yang melakukan kegiatan bisnis dibidang obat-obatan, kemasan plastik, bahan kimia, cat, pakan ternak dan hiburan.

Memasuki tahun 2010 investasi BHI akan bertambah dengan persiapan yang telah dilakukan oleh PT Supra Sumber Cipta anak perusahaan Japfa Group bergerak dibidang makanan olahan; PT Pharos Indonesia, obat-obatan; PT Martina Berto, produk kecantikan-kosmetik dan spa; PT Cardig Air, kargo pesawat; PT Lemindo Abadi Jaya, lem kayu; PT Sumber Alfaria Trijaya, retailer; dan PT Jasa Marga Tbk yang pada akhir bulan Maret rencananya akan menjajagi peluang kerjasama pembangunan infrastruktur jalan raya-jalan tol.

 

Pada kunjungan ini ACG memperkenalkan Mr Peter C K, managing director PT Japfa Group Indonesia yang melalui anak perusahaannya PT Supra Sumber Cipta akan segera membuka pabrik makanan olahan yang memproduksi sosis dan chicken nugget di kawasan industri Dong An II dengan investasi sebesar 15 juta dollar Amerika, yang juga berencana membuka pabrik susu sapi segar di propinsi Binh Duong.

Japfa Group telah memasuki pasar Vietnam selama 12 tahun 4 bulan dan mempunyai pabrik pakan ternak di 4 propinsi yaitu propinsi Vinh Phuc, Thai Binh, Long An dan Binh Thuan dengan omset penjualan sebesar 200 juta dolar Amerika per tahun.

 

Tidak hanya berbagi informasi investasi dan potensi ekonomi Indonesia, ACG dan rombongan juga menggunakan kesempatan baik ini menyampaikan keinginan BHI untuk memperoleh keringanan investasi (insentif) khusus agar kedepannya propinsi Binh Duong menjadi tempat yang menarik bagi perusahaan Indonesia untuk berinvestasi.

Sebagai ungkapan terima kasih atas perhatian Pemda Binh Duong, ACG juga mengundang investor Vietnam untuk berkiprah di Indonesia.

KJRI HCMC bersedia bekerjasama dengan Investment and Trade Promotion Center (ITPC) dan Vietnam Chamber of Commerce and Industry (VCCI) untuk mengatur kunjungan misi dagang dan investasi ke Indonesia.

 

Discuss_ACGChairman

Akting Konjen KJRI HCMC, Dalton Sembiring saat diterima Mr. Nguyen Hoang Son, Chairman People’s Committee propinsi Binh Duong

 

Ketua Dewan Rakyat propinsi Binh Duong, Mr.Son menyampaikan terima kasih kepada ACG dan rombongan telah memenuhi undangan tersebut, dan menyampaikan informasi terkini mengenai propinsi Binh Duong dalam keterkaitannya dengan kegiatan berinvestasi.

Propinsi Binh Duong memiliki 28 kawasan industri (IP, industrial park) seluas 10.000 ha, dengan 2 IP memenuhi standard internasional yaitu Vietnam-Singapore Industrial Park dan Dong An Industrial Park.

Sistim transportasi dan telekomunikasi telah ditingkatkan dan siap menyambut penambahan investor asing, juga pemerintah Binh Duong telah mendirikan sekolah kejuruan guna memenuhi kebutuhan tenaga kerja terlatih yang saat ini telah memasok 55% tenaga kerja.

 

Mr Son, Chairman People’s Committee propinsi Binh Duong menyambut gembira rencana kedatangan perwakilan PT Jasa Marga Tbk dan berharap dapat bekerjasama dalam pembangunan jalan tol di wilayah Binh Duong dengan sistim BOT (built-operate-transfer), dimana propinsi Binh Duong merupakan pelopor sistem kerjasama tersebut  di Vietnam.

 

Pemberian insentif khusus bagi perusahaan Indonesia akan dibahas bersama antara perusahaan Indonesia dengan Departemen Perencanaan dan Industri propinsi Binh Duong, demikian Mr Son menjanjikan.

 

Sumber: KJRI HCMC