Evaluasi Integrasi Portal Kemlu dengan Website Perwakilan di HCMC

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Portal Kemlu harus senantiasa mengedepankan pemberitaan yang cepat dan akurat. Berita-berita yang dikirimkan kepada portal Kemlu hendaknya menerapkan prinsip-prinsip jurnalistik 5W 1H. Sebagai ujung tombak penyampaian informasi ke publik, pemberitaannya juga lebih bersifat pada ‘output oriented’, bukan hanya ‘event oriented’.

 

Foto-foto yang ditayangkan dalam portal diusahakan dapat mencerminkan isi berita. Penulis juga perlu menempatkan diri sebagai pembaca portal Kemlu sehingga dapat menyajikan berita yang berbobot.

 

Hal tersebut menjadi pesan utama dalam evaluasi Portal Kemlu dan Perwakilan yang diselenggarakan di KJRI Ho Chi Minh City (18-19/4).


pix1 

 

Direktur Informasi dan Media, Soehardjono Sastromihardjo yang mengetuai tim evaluasi menyampaikan sejumlah alasan pengembangan portal Kemlu. “Portal ini dikembangkan untuk mengintegrasikan informasi antara Kemlu dengan Perwakilan RI di luar negeri. Disamping itu, adanya tuntutan tampilan website yang mencerminkan citra Kemlu,” jelasnya.

 

Kecepatan ketersediaan informasi bagi pejabat Kemlu dan susahnya pengguna internet untuk mencari website dari 119 perwakilan RI karena nama situs yang tidak 'user friendly', menurutnya juga melatarbelakangi pembentukan portal Kemlu.

 

Sejalan dengan pemikiran tersebut, Acting Konsul Jenderal KJRI HCMC Dalton Sembiring menyampaikan pentingnya penggunaan website yang aktual, cepat dan ‘reliable’ bagi pelaksanaan tugas diplomasi RI. Ditambahkannya bahwa selama satu tahun terakhir, KJRI HCMC telah mengupayakan mengembangkan website sebagai corong informasi yang diperuntukkan bagi 500 orang WNI, yang sebagian besar tenaga profesional.

 

“Selain itu, website KJRI juga disesuaikan dengan perkembangan HCMC sebagai pusat perekonomian Vietnam. Kita tayangkan berita dalam bahasa setempat, mengingat 23,53% penduduknya memiliki akses internet. Berbagai informasi kesempatan kerja dan peluang bisnis kita tayangkan,” imbuhnya dalam acara evaluasi portal Kemlu.

 

Acara evaluasi ini diikuti oleh para pejabat dari KBRI Hanoi dan KJRI HCMC. Para peserta mendiskusikan berbagai hal terkait dengan penyempurnaan portal Kemlu dan Perwakilan serta upaya Kemlu dalam memenangkan perang informasi.

 

pix2 

 

Penyempurnaan portal Kemlu, menurut Soehardjono, akan terus dilakukan. Direktorat Infomed saat ini tengah merancang pelatihan penulisan berita untuk website yang akan dilaksanakan pada pertengahan tahun 2010.

 

Ke depan, diharapkan dengan evaluasi pengoperasian portal Kemlu yang terintegrasi dengan website perwakilan, Kemlu dapat memiliki website / supersite yang menjadi sumber acuan informasi terkemuka karena berita yang disampaikan dari 119 perwakilan RI merupakan berita berkualitas, terkini yang mematuhi standar Kemlu.