Briefing Deplu Ho Chi Minh City mengenai Kasus Flu H1N1

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tanggal 2 Juli 2009, Departemen Luar Negeri Ho Chi Minh City (HCMC), mengundang seluruh perwakilan Konsulat Jenderal asing dan organisasi internasional yang ada di HCMC untuk memberikan penjelasan mengenai perkembangan kasus Flu H1N1 di Vietnam khususnya di HCMC serta upaya pencegahannya.  Hal tersebut dilatarbelakangi dengan telah merebaknya kasus H1N1 di Vietnam khususnya bagian selatan Vietnam termasuk HCMC yakni sekitar 181 kasus.
 
Sebelumnya Pemerintah Kota HCM juga telah meminta kepada seluruh Konsulat asing di HCMC untuk memberikan contact person yang dapat dihubungi serta sebaliknya juga memberikan alamat yang dapat dihubungi sekiranya ada masalah mengenai flu yang menimpa warga negara asing di Ho Chi Minh City dan sekitarnya. 
 
Beberapa pokok penting pada briefing tersebut:
 
Informasi mengenai skala penyebaran di dunia, Vietnam dan di HCMC. Untuk di HCMC, terhitung tanggal 30 Juni 2009 jumlah kasus sudah mencapai 108 penderita yang rata-rata datang dari negara yang terkena dampak besar flu, dimana 35 diantaranya telah dinyatakan bebas dari dampak flu.  
Informasi mengenai pencegahan dini kasus H1N1 oleh individu yakni, dengan menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun atau sanitasi, jika mengalami gejala flu seperti batuk,  demam atau sakit kepala diminta untuk menghubungi petugas kesehatan masyarakat untuk isolasi dan perawatan.
 
Penanganan kasus oleh pemerintah di HCMC yakni dengan pembagian kedalam 3 kelompok, yakni (1) penanganan terhadap masyarakat yang datang dari negara terjangkit flu; (2) terhadap mereka yang terdeteksi memiliki gejala flu, dan (3) penanganan bagi mereka yang telah positif terdeteksi penyakit.
 
Beberapa langkah penanganan termasuk, memonitor secara terus menerus melalui pengisian formulir khusus mengenai H1N1 yang terdapat di bandara, mengisolasi mereka yang terkena gejala dan melakukan test, serta memberikan perawatan dan penyembuhan bagi pasien tanpa dipungut bayaran. Selain itu disampaikan pula beberapa 4 (empat) RS yang ditunjuk untuk menangani kasus flu tersebut yaitu Tropical Disease Hospital, Children Hospital 1, Children Hospital 2 dan Pham Ngoc Thach Hospital. 
 
Kontak person untuk flu epidemi di KJRI Ho Chi Minh City adalah:
 
Ms. Pande K. Wuri Handayani, Konsul / Sekretaris Dua
 
Tel          : (84) – 8- 3825 1888/9
Fax         : (84) – 8 – 3829 9493, 3822 3839