Vietnam

PROFIL WILAYAH KERJA
 
 
Ho Chi Minh City (Thanh Pho Ho Chi Minh) merupakan kota terbesar di Vietnam dan berada di Vietnam Bagian Selatan dekat dengan delta Mekong. Sebelumnya bernama Prey Nokor yang merupakan dermaga utama Kamboja sebelum direbut Vietnam pada abad ke-17. Kemudian bernama Saigon dan menjadi ibukota koloni Perancis Cochincina dan kemudian ibukota Vietnam Selatan dari tahun 1954 sampai dengan 1975. Pada tanggal 1 Mei 1975 Saigon digabung dengan provinsi sekitar bernama Gia Dinh dan berubah menjadi Ho Chi Minh City.
 
Ho Chi Minh City yang mempunyai luas 2,094 km2, terletak 60 km dari Laut Cina Selatan dan 1.760 km selatan Hanoi ibukota Vietnam. Ratusan sungai dan kanal melintasi Ho Chi Minh City dengan sungai Saigon sebagai sungai terbesar dengan panjang 106 km. Kota dengan 19 (sembilan belas) inner district yakni district 1-12, Tanh Binh, Ninh Thanh, Phu Nhuan, Thu Due, Go Vap, Binh Tan dan Tan Phu serta  (lima) suburban district yakni Nha Be, Can Gio, Hoc Mon, Cu Chi, Binh Chanh ini mempunyai jumlah penduduk mencapai hampir sekitar 6.8 juta jiwa dengan kepadatan penduduk 3.247/km2. Mayoritas penduduk merupakan etnis Vietnam (Kinh) hampir 90%. Etnis minoritas antara lain etnis China (8%), Khmer, Cham, Nung, Rhade (2%).
 
Bahasa yang digunakan adalah bahasa Vietnam dengan aksen yang bervariasi. Agama yang dianut adalah Budha (80%), Katolik Roma (11%), Protestan (2%), Islam, Hindu, Cao Dai (2%). Agama diberi kebebasan berkembang dan menyebarkan ajarannya selama tidak bertentangan dengan kebijakan negara dan partai.
 
Ho Chi Minh City merupakan Municipality/Kotamadya yang berkedudukan sama dengan provinsi di Vietnam. Ketua People’s Committee merupakan pemimpin pemerintahan dan ketua People’s Council merupakan pemimpin badan legislatif kota. 
 
Iklim Ho Chi Minh City adalah tropis dengan 2 (dua) musim yakni musim hujan (Mei – November) dan musim kemarau (Desember – April), serta mempunyai kelembaban rata-rata 75%. Suhu rata-rata adalah 280C dengan suhu tertinggi mencapai 390C dan terendah mencapai 160C.
Ho Chi Minh City (HCMC) merupakan pusat kegiatan ekonomi dan perdagangan utama  di Vietnam dan memberikan kontribusi yang besar terhadap ekonomi Vietnam.
 
Sebagai kota bisnis utama di Vietnam, pemerintah pusat menempatkan perangkat pemerintah yang kuat di Ho Chi Minh City, dimana tercatat adanya 15 kantor perwakilan kementerian negara, termasuk Kementerian Luar Negeri dan 25 kantor pelaksana kedinasan untuk melayani semua keperluan terutama yang berkaitan dengan pihak asing. Di HCMC juga terdapat 36 perwakilan asing tingkat Konsulat Jenderal dan Konsul Jenderal Kehormatan, disamping 17 asosiasi bisnis asing.