Legalisasi

Opening Hours for Visa & Consular Section:

Monday – Friday 09.30 – 12.30

Embassy of the Republic of Indonesia

Kuusisaarentie 3, 00340 Helsinki

Email: helsinki.kbri@kemlu.go.id

Phone: +358 9 4770370, +358 9 47703726

(Note: The Embassy will be closed on Indonesian and Finnish Public Holidays. Click here for further details)



Legalisasi


Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Helsinki menerima permohonan untuk memberikan legalisasi untuk mengesahkan tanda tangan pejabat yang telah melak​​ukan pengesahan atas sebuah dokumen dan tanda tangan pembuat dokumen yang dilakukan di hadapan pejabat yang berwenang, dan bukan melegalisasi isi dari dokumen tersebut.


Pemberian legalisasi oleh KBRI Helsinki hanya diberikan pada dokumen, baik asli maupun salinan (copy), yang telah dilegalisasi oleh:

    • Otoritas Indonesia (Direktorat Konsuler Kementerian Luar Negeri RI), atau

    • Otoritas Finlandia (Consular Department Ministry for Foreign Affairs of Finland), atau

    • Otoritas Estonia (Consular Department Ministry of Foreign Affairs of Estonia).


Persyaratan:


  1. Dokumen asli atau salinan (copy) yang telah dilegalisasi oleh salah satu otoritas tersebut di atas.

  2. Melampirkan salinan (copy) dari dokumen yang akan dilegalisasi oleh KBRI Helsinki,

  3. Membayar biaya legalisasi:

    • Legalisasi Dokumen atau Salinan Dokumen yang diterbitkan atau telah dilegalisasi oleh Instansi Pemerintah Indonesia: Tanpa biaya (Gratis)

    • Pengesahan TandaTangan / Legalisasi Dokumen atau Salinan Dokumen yang Diterbitkan Negara Asing (Dokumen Bisnis): € 125

    • Pengesahan TandaTangan / Legalisasi Dokumen atau Salinan Dokumen yang Diterbitkan Negara Asing (Dokumen Non-Bisnis): € 25

  1. Daftar lengkap biaya legalisasi dan biaya kekonsuleran lain, lihat di sini.


Waktu Pemrosesan Legalisasi


KBRI Helsinki akan memproses berkas permohonan legalisasi dalam waktu paling lama 2 (dua) hari kerja setelah menerima seluruh kelengkapan dokumen yang disyaratkan di atas.


Cara Penyerahan Berkas Permohonan


Pemohon dapat menyerahkan berkas permohonan legalisasi langsung di Loket Konsuler KBRI Helsinki. Jam buka Loket Konsuler yakni Senin-Jumat, pukul 09.30-12.30 (kecuali pada saat hari libur resmi KBRI Helsinki, lihat daftar hari libur di sini).


Alamat KBRI Helsinki:


Embassy of the Republic of Indonesia

Kuusisaarentie 3, 00340, Helsinki, Finland

Email: helsinki.kbri@kemlu.go.id

Phone: +358 9 4770370, +358 9 47703726


Pemohon juga dapat mengirimkan berkas permohonan legalisasi melalui pos setelah melengkapi dokumen-dokumen yang disyaratkan ke alamat sebagai berikut:


Embassy of the Republic of Indonesia

Kuusisaarentie 3, 00340, Helsinki, Finland


Apabila pemohon menghendaki agar dokumen yang telah dilegalisasi KBRI Helsinki dikirimkan ke alamat pemohon melalui pos, mohon agar dapat menyertakan amplop balasan ya​ng telah dibubuhi perangko yang cukup (disarankan dengan pos tercatat) dan dilengkapi nama dan alamat tujuan yang jelas dan mudah terbaca pada saat menyerahkan/mengirim berkas permohonan legalisasi. KBRI Helsinki tidak menerima amplop balasan yang belum dibubuhi perangko atau pos tercatat atau dalam bentuk uang tunai untuk pembelian perangko.


Pembayaran


Daftar lengkap biaya layanan kekonsuleran KBRI Helsinki terhitung mulai tanggal 6 Januari 2017, lihat di sini.


Pembayaran untuk segala layanan kekonsuleran KBRI Helsinki dilakukan melalui bank transfer atau setoran ke rekening KBRI sebagai berikut:


Name of Bank: Danske Bank

Payment made to: Embassy of the Republic of Indonesia

IBAN: FI37 8000 1271 1105 05

Account no: 8000 1271 1105 05

SWIFT/ BIC: DABAFIHH


Dalam kolom message, mohon diisi keterangan mis: Legalisasi a.n. XXX (nama pemohon)


Setelah melakukan transfer untuk pembayaran biaya layanan kekonsuleran, mohon agar bukti transfer dapat dilampirkan bersama dokumen permohonan, atau disusulkan melalui alamat e-mail: staf_kons@indonesian-embassy.fi.


KBRI Helsinki tidak lagi menerima pembayaran tunai untuk seluruh pelayanan yang diberikan. Seluruh pembayaran pelayanan penerbitan visa, legalisasi maupun pelayanan kekonsuleran lainnya harus dilakukan melalui transfer maupun deposit bank ke rekening resmi KBRI Helsinki. Jika pembayaran tidak dilakukan melalui transfer maupun deposit bank, maka berkas permohonan akan dikembalikan kepada pemohon dan permohonan aplikasi tidak akan diproses.


Catatan: pembayaran yang telah dilakukan ke rekening KBRI Helsinki tidak dapat dikembalikan (non-refundable) dalam kondisi apapun, termasuk kelebihan pembayaran. Mohon pastikan pemohon akan melanjutkan permohonan layanan kekonsuleran, serta mengecek daftar biaya layanan kekonsuleran KBRI Helsinki sebelum melakukan pembayaran.