Perubahan Data Paspor

Jam Buka Layanan Visa, Paspor dan Konsuler

KBRI Helsinki

Senin – Jumat, 09.30 – 12.30

Embassy of the Republic of Indonesia

Kuusisaarentie 3, 00340 Helsinki

Email: helsinki.kbri(a)kemlu.go.id atau info(a)indonesian-embassy.fi

Phone: +358 9 4770370, +358 9 47703726

(Catatan: KBRI tutup saat hari libur Indonesia dan Finlandia. Klik di siniuntuk daftar hari libur)​


Perubahan Data Paspor


  1. Perubahan Alamat


Persyaratan


  1. Melampirkan Paspor RI asli yang masih berlaku;

  2. Mengisi Formulir Amandemen Data Paspor (formulir dapat diunduh di Form Perubahan Data Paspor RI 2017.pdf)

  3. Mengisi formulir pendaftaran diri (Lapor Diri) bagi yang belum terdaftar di KBRI Helsinki (formulir dapat diunduh di Form Lapor Diri 2017.pdf​)

  4. Salinan (copy) dokumen izin tinggal jangka panjang di Finlandia (oleskelulupa) atau Estonia (isikutunnistus)


  1. Perubahan Nama


Informasi Umum


  1. Berdasarkan ketentuan Pasal 52 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan (UU No. 23/2006), disebutkan bahwa: ”Pencatatan perubahan nama dilaksanakan berdasarkan penetapan pengadilan negeri tempat pemohon”.

  2. Berdasarkan Pasal 93 ayat (2) Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil (Perpres No. 25/2008), disebutkan bahwa: “Pencatatan perubahan nama sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan memenuhi syarat berupa:

  1. Salinan penetapan pengadilan negeri tentang perubahan nama;

  2. dst.;

  3. dst;

  1. Penambahan ataupun pengurangan nama pada Surat Perjalanan Republik Indonesia, termasuk Paspor, termasuk dalam kategori Perubahan Nama sesuai peraturan perundang-undangan dimaksud pada Poin 1 dan 2 di atas, dengan demikian Perubahan Nama pada Paspor RI harus memiliki salinan penetapan pengadilan negeri tentang perubahan nama.


Persyaratan


  1. Melampirkan Paspor RI asli yang masih berlaku;

  2. Mengisi Formulir Amandemen Data Paspor (formulir dapat diunduh di Form Perubahan Data Paspor RI 2017.pdf)

  3. Mengisi formulir pendaftaran diri (Lapor Diri) bagi yang belum terdaftar di KBRI Helsinki (formulir dapat diunduh di Form Perubahan Data Paspor RI 2017.pdf​)

  4. Untuk perubahan nama maupun identitas lainnya pada lembar identitas paspor, harap lampirkan salinan Surat Keputusan Pengadilan Negeri tentang Perubahan Nama.

  5. Bagi yang tidak melampirkan Surat Keputusan Pengadilan, perubahan nama setelah menikah atau karena perceraian maupun alasan lainnya, dapat ditempatkan pada halaman 4 buku Paspor RI yang merupakan catatan pengesahan/endorsement, setelah melalui pertimbangan dan persetujuan khusus oleh Pejabat KBRI Helsinki.

  6. Salinan (copy) salah satu dokumen berikut (sesuai keperluan):

    • Surat Nikah yang dikeluarkan oleh Otoritas Indonesia atau Finlandia atau Estonia;

    • Surat Cerai yang dikeluarkan oleh Otoritas Indonesia atau Finlandia atau Estonia;

    • Akta Kelahiran

  7. Salinan (copy) dokumen izin tinggal jangka panjang di Finlandia (oleskelulupa) atau Estonia (isikutunnistus)

  8. Pejabat KBRI Helsinki dapat meminta pemohon untuk melampirkan dokumen pendukung lain, atau mewawancara pemohon, sekiranya dokumen dan data dukung yang telah disampaikan kurang mendukung permohonan perubahan data pada paspor.


Informasi Lain


  1. Pelayanan perubahan data pada paspor tidak dipungut biaya.

  2. KBRI Helsinki akan memproses berkas permohonan perubahan data paspor dalam waktu paling lama 2 (dua) hari kerja setelah menerima seluruh kelengkapan dokumen yang disyaratkan di atas.

  3. Pemohon dapat menyerahkan berkas permohonan legalisasi langsung di Loket Konsuler KBRI Helsinki. Jam buka Loket Konsuler yakni Senin-Jumat, pukul 09.30-12.30 (kecuali pada saat hari libur resmi KBRI Helsinki, lihat daftar hari libur di sini).


Alamat KBRI Helsinki:


Embassy of the Republic of Indonesia

Kuusisaarentie 3, 00340, Helsinki, Finland

Email: helsinki.kbri(a)kemlu.go.id​

Phone: +358 9 4770370, +358 9 47703726


Apabila pemohon menghendaki agar dokumen dikirimkan kembali ke alamat pemohon melalui pos, mohon agar dapat menyertakan amplop balasan ya​ng telah dibubuhi perangko yang cukup (disarankan dengan pos tercatat) dan dilengkapi nama dan alamat tujuan yang jelas dan mudah terbaca pada saat menyerahkan/mengirim berkas permohonan paspor. KBRI Helsinki tidak menerima amplop balasan yang belum dibubuhi perangko atau pos tercatat atau dalam bentuk uang tunai untuk pembelian perangko.