Paspor dan SPLP

​Jam Buka Layanan Visa, Paspor dan Konsuler

KBRI Helsinki

Senin – Jumat, 09.30 – 12.30

Embassy of the Republic of Indonesia

Kuusisaarentie 3, 00340 Helsinki

Email: helsinki.kbri(a)kemlu.go.id atau info(a)indonesian-embassy.fi

Phone: +358 9 4770370, +358 9 47703726

(Catatan: KBRI tutup saat hari libur Indonesia dan Finlandia. Klik di sini untuk daftar hari libur)



Paspor Republik Indonesia dan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP)


  1. ​Pembuatan Paspor Baru dan Perpanjangan Paspor

​KBRI dapat menerbitkan paspor baru untuk pertama kali atau sebagai perpanjangan kepada WNI yang merupakan penduduk di wilayah Finlandia maupun Estonia. Pembuatan paspor untuk perpanjangan diberikan untuk menggantikan paspor lama yang akan atau telah habis masa berlakunya atau halaman paspor telah habis terpakai. Bagi paspor yang akan habis masa berlakunya, pembuatan paspor baru dapat dilakukan paling cepat menjelang 6 (enam) bulan masa berlaku paspor tersebut telah habis.


Persyaratan

  1. Mengisi formulir permohonan pembuatan Surat Perjalanan Republik Indonesia/SPRI (formulir dapat diunduh di Formulir Surat Perjalanan RI - PERDIM 14.pdf)

  2. Mengisi formulir pendaftaran diri (Lapor Diri) bagi yang belum terdaftar di KBRI Helsinki (formulir dapat diunduh di Form Lapor Diri 2017.pdf)

  3. Mengisi Surat Pernyataan Tidak Berkewarganegaraan Asing bagi WNI yang berusia 18 tahun ke atas (Surat Pernyataan dapat diunduh di Surat Pernyataan Tidak Berkewarganegaraan Asing.pdf)

  4. 2 (dua) lembar pas foto berwarna latar belakang putih ukuran 3x4

  5. Salinan (copy) dokumen izin tinggal jangka panjang di Finlandia (oleskelulupa) atau Estonia (isikutunnistus)

  6. Salinan (copy) Akte Kelahiran Indonesia atau dari negara tempat kelahiran

  7. Paspor RI yang dimiliki saat ini (khusus permohonan perpanjangan). Setelah Paspor RI baru jadi, Paspor lama akan dinyatakan tidak berlaku dan dikembalikan ke pemohon.

  8. Membayar biaya pembuatan Paspor. Untuk biaya pembuatan paspor dan biaya kekonsuleran lain, lihat di sini.


  1. Pembuatan Paspor Baru atau SPLP karena Hilang atau Rusak

KBRI dapat menerbitkan paspor baru bagi WNI yang berdomisili di Finlandia maupun Estonia, karena kelalaian maupun musibah telah kehilangan paspornya, atau mengakibatkan rusaknya paspor yang masih berlaku.


Dalam keadaan tertentu, kepada WNI baik yang berada di wilayah maupun di luar wilayah Negara Republik Indonesia dapat diberikan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) untuk WNI sebagai pengganti Paspor Biasa.


SPLP untuk WNI berlaku untuk perjalanan ke wilayah Negara Republik Indonesia atau wilayah negara domisli (bagi pemegang status permanent resident di negara lain) dan berlaku paling lama satu bulan.​


Persyaratan


  1. Mengisi formulir permohonan pembuatan Surat Perjalanan Republik Indonesia/SPRI (formulir dapat diunduh di Formulir Surat Perjalanan RI - PERDIM 14.pdf)

  2. Mengisi formulir pendaftaran diri (Lapor Diri) bagi yang belum terdaftar di KBRI Helsinki (formulir dapat diunduh di Form Lapor Diri 2017.pdf​). Catatan: bagi yang bukan merupakan penduduk tetap di Finlandia maupun Estonia, missal dalam rangka wisata, tidak perlu melakukan pendaftaran diri.

  3. 2 (dua) lembar pas foto berwarna latar belakang putih ukuran 2x4

  4. Salinan (copy) dokumen izin tinggal jangka panjang di Finlandia (oleskelulupa) atau Estonia (isikutunnistus)

  5. (copy) Akte Kelahiran Indonesia atau dari negara tepat kelahiran atau KTP Indonesia (jika ada)

  6. (copy) Paspor RI yang lama (jika ada)

  7. Setelah Paspor atau SPLP baru diterbitkan oleh KBRI, Paspor lama yang hilang atau rusak akandicabut, dilaporkan ke pusat dan dinyatakan tidak berlaku.
  8. Membayar biaya pembuatan Paspor atau SPLP. Untuk biaya pembuatan paspor dan biaya kekonsuleran lain, lihat di sini.


  1. PLP

KBRI Helsinki akan memproses berkas permohonan Paspor atau SPLP dalam waktu paling lama 4 (empat) hari kerja setelah menerima seluruh kelengkapan dokumen yang disyaratkan.


  1. Cara Penyerahan Berkas Permohonan

Pemohon dapat menyerahkan berkas permohonan Paspor atau SPLP langsung di Loket Konsuler KBRI Helsinki. Jam buka Loket Konsuler yakni Senin-Jumat, pukul 09.30-12.30 (kecuali pada saat hari libur resmi KBRI Helsinki, lihat daftar hari libur di sini).


Alamat KBRI Helsinki:


Embassy of the Republic of Indonesia

Kuusisaarentie 3, 00340, Helsinki, Finland

Email: helsinki.kbri(a)kemlu.go.id​​

Phone: +358 9 4770370, +358 9 47703726


Pemohon juga dapat mengirimkan berkas permohonan paspor melalui pos setelah melengkapi dokumen-dokumen yang disyaratkan ke alamat sebagai berikut:


Embassy of the Republic of Indonesia

Kuusisaarentie 3, 00340, Helsinki, Finland


Apabila pemohon menghendaki agar paspor baru dan paspor lama dikirimkan ke alamat pemohon melalui pos, mohon agar dapat menyertakan amplop balasan ya​ng telah dibubuhi perangko yang cukup (disarankan dengan pos tercatat) dan dilengkapi nama dan alamat tujuan yang jelas dan mudah terbaca pada saat menyerahkan/mengirim berkas permohonan paspor. KBRI Helsinki tidak menerima amplop balasan yang belum dibubuhi perangko atau pos tercatat atau dalam bentuk uang tunai untuk pembelian perangko.


  1. Pembayaran

Daftar lengkap biaya layanan kekonsuleran KBRI Helsinki terhitung mulai tanggal 6 Januari 2017, lihat di sini.

Pembayaran untuk segala layanan kekonsuleran KBRI Helsinki dilakukan melalui bank transfer atau setoran ke rekening KBRI sebagai berikut:


Name of Bank: Danske Bank

Payment made to: Embassy of the Republic of Indonesia

IBAN: FI37 8000 1271 1105 05

Account no: 8000 1271 1105 05

SWIFT/ BIC: DABAFIHH


Dalam kolom message, mohon diisi keterangan mis: Pembuatan Paspor a.n. XXX (nama pemohon)


Setelah melakukan transfer untuk pembayaran biaya layanan kekonsuleran, mohon agar bukti transfer dapat dilampirkan bersama dokumen permohonan, atau disusulkan melalui alamat e-mail: staf_kons@indonesian-embassy.fi.


KBRI Helsinki tidak lagi menerima pembayaran tunai untuk seluruh pelayanan yang diberikan. Seluruh pembayaran pelayanan penerbitan visa, legalisasi maupun pelayanan kekonsuleran lainnya harus dilakukan melalui transfer maupun deposit bank ke rekening resmi KBRI Helsinki. Jika pembayaran tidak dilakukan melalui transfer maupun deposit bank, maka berkas permohonan akan dikembalikan kepada pemohon dan permohonan aplikasi tidak akan diproses.


Catatan: pembayaran yang telah dilakukan ke rekening KBRI Helsinki tidak dapat dikembalikan (non-refundable) dalam kondisi apapun, termasuk kelebihan pembayaran. Mohon pastikan pemohon akan melanjutkan permohonan pembuatan Paspor atau layanan kekonsuleran lain, serta mengecek daftar biaya layanan kekonsuleran KBRI Helsinki sebelum melakukan pembayaran.