Resepsi Diplomatik HUT ke-68 RI, Helsinki-Finlandia

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Resepsi diplomatik untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-68 Kemerdekaan Republik Indonesia diselenggarakan di Wisma Duta di Helsinki, Finlandia pada tanggal 30 Agustus 2013. Duta Besar RI untuk Finlandia dan Estonia, Elias Ginting menjamu sebanyak kurang lebih 250 tamu yang terdiri dari kalangan diplomatik, pejabat Pemerintahan, anggota Parlemen, dan friends of Indonesia dari Finlandia dan Estonia yang hadir pada acara resesi diplomatik tersebut.

 

Diantara para tamu undangan yang hadir terdapat mantan Presiden Finlandia (1994-2000) Martti Ahtisaari yang juga terkenal karena perannya dalam memfasilitasi perundingan damai Aceh tahun 2005. Terakhir kali Martti Ahtisaari menghadiri resepsi diplomatik peringatan HUT Kemerdekaan RI di Helsinki adalah pada tahun 2005 seusai penandatanganan perjanjian damai Aceh.

 

Selain Presiden Ahtisaari, resepsi diplomatik juga dihadiri oleh Pemimpin Partai True Finns yang juga merupakan ketua komisi kerjasama luar negeri Parlemen Finlandia, Timo Soini. Kehadiran Timo Soini dalam acara resepsi diplomatik HUT Kemerdekaan RI di Helsinki semakin mempererat hubungan anggota parlemen Finlandia dengan Pemerintah Indonesia setelah kunjungan Timo Soini dan delegasi anggota Parlemen Finlandia ke Indonesia di awal tahun 2013.

 

Dalam resepsi diplomatik tersebut ditampilkan pertunjukkan budaya Indonesia berupa sendratari Barong Bali yang berjudul Wana Prabela (Pembela Belantara) yang bercerita tentang kemenangan kebaikan yang disimbolkan oleh Barong atas kejahatan dan keserakahan. Sendratari tersebut ditampilkan oleh kelompok gamelan dan tari Banyu Petak yang para pemainnya adalah anggota masyarakat Indonesia di Finlandia yang terdiri dari berbagai macam kalangan.

 

Selain pertunjukan budaya, masakan khas Indonesia berupa sate dan jajanan pasar berbagai macam disajikan kepada para tamu undangan yang menghadiri acara resepsi diplomatik. (Sumber : KBRI Helsinki)

 

Keterangan foto: Dubes RI Helsinki, Elias Ginting berbincang dengan Martti Ahtisaari dalam acara Resepsi Diplomatik HUT ke-68 Kemerdekaan RI di Helsinki, 30 Agustus 2013?