Karate Finnish Open 2013

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tim Karate Indonesia berhasil memboyong total 19 medali (6 emas, 5 perak dan 8 perunggu) pada kejuaraan Karate Finnish Open 2013 di Tampere, Finlandia yang berlangsung pada tanggal 31 Agustus – 1 September 2013. Medali emas Indonesia pada kejuaraan tersebut dipersembahkan oleh atlit-atlit Sari Srunita (Kumite di bawah 50 kg), Indah Mogia (Kumite di bawah 68 kg), Imam Ragananda (Kumite di bawah 60 kg), Hirga Yoga (Kumite di bawah 67 kg), Hendro Salim (Kumite di bawah 84 kg) dan Siti Maryam (Kata Perorangan). Torehan prestasi ini melebihi target yang diharapkan oleh PB Forki pada kejuaraan ini yakni 3 medali emas.

 

PB Forki mengikutsertakan atlit-atlitnya dalam Karate Finnish Open 2013 sebagai ajang persiapan untuk menghadapi Sea Games XXVII di Myanmar tahun 2013 ini. Sebanyak 15 atlit putra dan 14 atlit putri Indonesia diturunkan di berbagai kelas dalam Kejuaraan Karate bertaraf internasional di Finlandia yang diikuti oleh 11 negara tersebut. Adapun yang berpartisipasi dalam kejuaraan tersebut selain atlit Indonesia dan tuan rumah Finlandia antara lain adalah karateka Rusia, Estonia, Swedia, Luksemburg, dan Turki. Tim Karate Indonesia pada Karate Finnish Open 2013 dipimpin langsung oleh Ketua Umum PB Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Hendardji Supandji.

 

Perjuangan para karateka di ajang tersebut mendapat dukungan penuh dari KBRI Helsinki dan masyarakat Indonesia yang ada di Finlandia khususnya di Tampere. Duta Besar RI di Helsinki, Elias Ginting turut hadir untuk mendukung perjuangan Tim Indonesia di Gedung Pyynikin Palloiluhalli Tampere yang menjadi tempat penyelenggaraan kejuaraan tersebut. Kehadiran suporter Indonesia di gelanggang pertandingan untuk mengobarkan semangat juang karateka Indonesia mendapatkan apresiasi dari panitia penyelenggara.

 

Meskipun kecil dalam jumlah namun dukungan dan nyanyian yang diberikan tanpa henti kepada atlit Indonesia yang sedang berlaga selama kejuaraan dapat meningkatkan semangat juang atlit Indonesia untuk dapat mengalahkan lawan-lawannya.

 

Atas torehan prestasi dan semangat juang para atlit dan suporter Indonesia, Panitia Finnish Open 2013 pada Closing Ceremony secara khusus menyampaikan penghargaan kepada Tim Karate Indonesia. Selamat! (Sumber : KBRI Helsinki)

 

Keterangan Foto:

Karateka Indonesia Hendro Salim memperoleh emas di kategori Kumite Perseorangan Putera di bawah 84 kg, berfoto bersama Dubes RI Helsinki, Elias Ginting dan Ketua Umum PB Forki Hendardji Supandji