Pertunjukan Budaya Indonesia di Hameenpuisto Fiesta 2014

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Untuk yang kedua kalinya, KBRI Helsinki dengan didukung oleh Asosiasi Persahabatan Indonesia-Finlandia (APIF) di Tampere (Tampereen Suomi-Indonesia yhdistys r.y.) berpartisipasi pada festival budaya sekaligus melakukan promosi pariwisata Indonesia pada event Hämeenpuiston Puistofiesta di Tampere, kota terbesar kedua di Finlandia, pada tanggal 10 Agustus 2014.


Hämeenpuiston Puistofiesta merupakan festival tahunan yang berlangsung satu hari penuh, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Tampere dengan melibatkan seluruh asosiasi dan organisasi kemasyarakatan yang ada di kota Tampere. Hämeenpuiston Festival diadakan di taman kota Tampere (Hämeenpuisto), dimana setiap asosiasi dan organisasi kemasyarakatan yang ada di Tampere dapat membuka stand, serta menampilkan pertunjukan budaya di panggung yang tersedia di Hämeenpuisto. Rata-rata setiap tahunnya Hämeenpuiston Festival dikunjungi oleh sekitar 20.000 pengunjung yang merupakan warga masyarakat yang datang dari wilayah Tampere dan sekitarnya.

Dalam kesempatan Hämenpuiston Pusitofiesta tahun 2014 ini, KBRI Helsinki membawa dua kelompok tari dan gamelan dari KBRI Helsinki, yakni Banyu Petak Indonesia dan Bhinneka Indonesia untuk menampilkan pertunjukan tari-tarian tradisional Indonesia seperti tari Janger, tari Bajidor Kahot, tari Serampang Duabelas dan tari Barong. 

Pertunjukan budaya Indonesia pada Hämeenpuiston Pusito Fiesta 2014 ditampilkan di panggung utama dengan alokasi waktu selama 30 (tiga puluh) menit. Dikarenkan kendala teknis akibat hujan, pertunjukan tari Bajidor Kahot dan Serampang Duabelas oleh Bhinneka tidak dapat ditampilkan, namun tari Janger dan tari Barong oleh Banyu Petak Indonesia tetap dapat ditampilkan dengan baik. Penonton yang setia menantikan pertunjukan budaya Indonesia tetap tidak terpengaruh oleh hujan dan tidak beranjak dari sekitar panggung utama untuk menikmati pertunjukan hingga selesai.

Selain pertunjukan budaya Indonesia, partisipasi Indonesia pada Hameenpusiton Puisto Fiesta juga ditandai dengan pembukaan stand untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Memanfaatkan stand berukuran 7 m x 3 m, KBRI Helsinki melakukan promosi pariwisata Indonesia dengan membagi-bagikan brosur serta informasi pariwisata Indonesia yang didapatkan dari Kemenparekraf RI. 

Sebagaimana tahun sebelumnya, pertunjukan budaya Indonesia menjadi salah satu diantara sedikit penampilan budaya tradisional non-Eropa yang ditampilkan pada Hämeenpuiston Puisto Fiesta 2014. Selain tarian Indonesia, pertunjukan tarian dari negara non-Eropa lainnya adalah dari India dan Afrika oleh asosiasi masyarakat dari India dan Afrika di Tampere.