Pelatihan Singkat Pendidikan Bagi Staf Kemdikbud RI di Universitas Tampere

Pada tanggal 9 – 11 September 2015, delegasi yang terdiri atas 13 (tiga belas) orang pegawai dari berbagai unit di Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kemdikbud RI telah mengikuti program pelatihan singkat mengenai sistem pendidikan di Finlandia (Short Course on Finnish Education System) yang diadakan di University of Tampere di Tampere, atas fasilitasi dari lembaga pendidikan Finland University.

Tujuan keikutsertaan para pegawai Ditjen GTK dalam program pelatihan singkat di Finlandia ini adalah untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan para pegawai di Ditjen GTK mengenai sistem pendidikan Finlandia dan juga pengetahuan lain terkait pengelolaan serta pembinaan karir guru dan tenaga kependidikan di Finlandia.

Dalam program pelatihan singkat yang berlangsung selama tiga hari tersebut, para peserta telah mendapatkan materi pembelajaran antara lain mengenai pengelolaan dan pembinaan karir serta pangkat, pengembangan kualifikasi dan kompetensi, dan pendataan serta manajemen guru di Finlandia. Selain itu seluruh peserta juga diajak untuk melihat secara langsung proses serta sarana belajar-mengajar di sekolah-sekolah di Tampere, antara lain di Leinola dan Sampo High School.

Pada tanggal 11 September 2015, delegasi telah berkunjung ke KBRI Helsinki dan beramah tamah dengan staf KBRI Helsinki. Dalam pertemuan tersebut, delegasi telah menyampaikan laporan hasil yang didapat selama mengikuti kursus singkat pendidikan di Finlandia, dan berdiskusi dengan staf KBRI Helsinki mengenai permasalahan pendidikan di Indonesia.

Foto: Riva Sandhiajaya (KBRI Helsinki)