PARTISIPASI PEMILIH LANGSUNG PILPRES 2014 DI HELSINKI MENCAPAI DI ATAS 90%

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?PPLN dan KPPSLN untuk wilayah kerja Finlandia dan Estonia telah melaksanakan Pemilihan Umum untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden RI (Pilpres) bagi pemilih Warga Negara Indonesia yang berada di Finlandia dan Estonia pada tanggal 5 Juli 2014, dari pkl.16.00 hingga 22.00 waktu setempat, bertempat di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di gedung KBRI Helsinki.


Masyarakat Indonesia di Finlandia dan Estonia sangat antusias dalam menyambut pelaksanaan Pilpres 2014 pada tanggal 5 Juli 2014. Hal ini dibuktikan dengan tingginya tingkat kehadiran pemilih di TPS pada hari pemungutan suara. Dari 109 (seratus sembilan) orang pemilih yang terdaftar untuk memilih langsung di TPS, sebanyak 103 (seratus tiga) orang atau sebesar 94,5% (sembilan puluh empat koma lima persen) telah datang untuk memberikan suaranya di TPS di Helsinki.

Pemungutan suara yang berlangsung di TPS di Helsinki berlangsung dengan aman, tertib dan lancar. Para pemilih telah datang untuk memberikan suaranya mulai pkl. 16.00 waktu setempat. Mereka datang tidak hanya dari wilayah Helsinki tetapi juga dari kota-kota lain di Finlandia yang jaraknya 150-300 km di luar Helsinki yakni dari kota-kota seperti Turku, Tampere, Jyväskylä dan Vaasa.

Pilpres tanggal 5 Juli 2014 di Helsinki, juga dimeriahkan dengan penyelenggaraan kegiatan Bazaar Ramadhan, Pemutaran Film Religius dan Nonton Bersama Piala Dunia Sepakbola yang diadakan bekerjasama dengan organisasi kemasyarakatan Indonesia yang ada di Finlandia dan Estonia. Kegiatan Bazaar dan Pesta Demokrasi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia di Finlandia dan Estonia untuk datang memilih ke TPS pada hari pemungutan suara.