Indonesia Perkuat Kerjasama di Bidang Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan Finlandia

Sebagai tindaklanjut penandatanganan MoU Kerjasama di bidang Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Inovasi dan Pendidikan Tinggi antara Pemerintah Indonesia dan Finlandia pada April 2015, Delegasi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) RI yang terdiri dari para Rektor dan Wakil Rektor dari 7 (tujuh) Perguruan Tinggi Negeri ternama di Indonesia yakni UGM, UI, Unhas, ITB, IPB, UNJ dan UPI dengan dipimpin oleh Sekjen Kemristekdikti RI, Prof. Dr. Ainun Na‘im telah mengadakan kunjungan ke Finlandia pada tanggal 23-26 September 2015.

Dalam kunjungan tersebut Delegasi Kemristekdikti RI selain mengikuti workshop pendidikan dan mengadakan penjajakan kerjasama dengan berbagai Universitas di Finlandia yang tergabung dalam Finland University yakni Universitas Turku, Universitas Tampere, dan University of Eastern Finland, Delegasi juga mengadakan pertemuan dengan Dirjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud Finlandia, Ms. Jaana Palojarvi beserta jajarannya di Helsinki.

Kerjasama Pendidikan Tinggi antara Universitas di Indonesia dengan Universitas di Finlandia akan di fokuskan ke dalam empat bidang kerjasama yakni Pengembangan Sistem Pendidikan, Pendidikan Guru, Kehutanan dan Cyber Security. Adapun bentuk kerjasama yang disepakati berupa joint research, joint curriculum, double degree program, serta program kerjasama pelatihan dan pendidikan yang lain.

Dalam kesempatan pertemuan dengan media setempat pada pelaksanaan workshop pendidikan di Universitas Turku, 24 September 2015, Dubes RI untuk Finlandia, Elias Ginting menyatakan bahwa Finlandia merupakan salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia, dan Indonesia dapat memanfaatkan hal tersebut untuk pembangunan sistem pendidikan serta ekonomi di Indonesia.

Dalam pertemuan bilateral dengan Dirjen Jaana Palojarvi di Helsinki, Sekjen Kemristekdikti RI menyampaikan pembentukan 5 working group yang akan merumuskan kesepakatan kerjasama ke dalam program-program yang nyata. Pertemuan juga dimanfaatkan untuk membahas keinginan kedua belah pihak untuk meningkatkan jumlah pelajar dan mahasiswa Indonesia yang belajar di Finlandia serta menghilangkan hambatan-hambatan bagi peningkatan mobilitas pelajar dan mahasiswa di kedua negara.

Pada pertemuan tersebut juga dilakukan penandatanganan MoU Kerjasama Pendidikan Kehutanan antara Unhas dengan Finland University oleh Rektor Unhas, Prof Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu dengan CEO Finland University, Pasi Kaskinen, disaksikan oleh Dubes RI Helsinki, Sekjen Kemristekdikti RI, Dirjen Kemdikbud Finlandia dan Chairman Finland University .

Di bidang pengembangan kerjasama Riset dan Teknologi, Sekjen Kemristekdikti RI telah berkunjung ke Pusat Riset Finlandia, VTT, di Espoo untuk tindaklanjut kerjasama penerapan teknologi Bis Listrik di Indonesia dengan Linnkerbus Finlandia.

Delegasi juga mengadakan ramah tamah dan diskusi dengan para peneliti dan mahasiswa S3 Indonesia di Finlandia pada pertemuan yang di host oleh Dubes RI Helsinki di Wisma Duta RI Helsinki, 25 September 2015. Dalam kesempatan tersebut para mahasiswa menyampaikan harapan agar selain semakin banyaknya terjalin kerjasama U to U di berbagai bidang antara Universitas di Indonesia dengan Universitas di Finlandia, jumlah mahasiswa Indonesia yang belajar di Finlandia melalui pemberian program beasiswa juga dapat semakin meningkat.

Foto: Riva Sandhiajaya (KBRI Helsinki)​