Bunga Persahabatan di Perangko Peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik RI-Kuba

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Bertepatan dengan tanggal pembukaan hubungan diplomatik 50 tahun yang lalu, pada 22 Januari 2010 bertempat di Casa de la Amistad (Rumah Persahabatan), Havana, Duta Besar RI Banua Radja Manik bersama dengan Wakil Menlu Kuba Ana Teresita Gonzalez Fraga dan Wakil Menteri Informasi dan Komunikasi Kuba Alberto Rodriguez Arufe membubuhkan tanda tangan mereka sebagai tanda resmi diluncurkannya Perangko Peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik Kuba - Indonesia. 

 

Perangko yang diluncurkan bergambar bunga dan bendera nasional Indonesia dan Kuba.  Bunga nasional yang ditampilkan adalah bunga nasional Kuba, Mariposa dan bunga nasional Indonesia, Melati.  Kedua tersebut bersanding berdampingan dilatari bendera nasional kedua negara.

 

  Perangko di desain dan diterbitkan oleh Kementerian Informasi dan Komunikasi Kuba yang akan diedarkan di wilayah Kuba dengan nilai 0,85 Peso.

 

Upacara peluncuran dihadiri oleh sekitar 120 undangan dari berbagai kalangan di Kuba, antara lain anggota parlemen, pemerintah, organisasi masyarakat, media massa dan para duta besar asing.  Acara peluncuran perangko peringatan ini difasilitasi oleh Instituto Cubano de Amistad con los Pueblos (ICAP/Lembaga Persahabatan Masyarakat Kuba dengan Negara Sahabat) bekerjasama dengan Kementerian Informasi dan Komunikasi Kuba (MIC), Kemlu Kuba (MINREX), Museum Pos Kuba (Museo Postal de Cuba) dan didukung oleh Kementerian Kebudayaan Kuba (Ministerio de Cultura).

 

Pada kesempatan ini, KBRI Havana menampilkan Orkestra Angklung dari Konservatorium Musik “Jose White” di Propinsi Camaguey yang merupakan hasil binaan KBRI Havana sejak tahun 2006.  Orkestra yang para pemainnya adalah dosen dan siswa musik ini membawakan rangkaian lagu-lagu Indonesia dan Kuba melalui alunan angklung yang sangat indah.  Selain itu, KBRI Havana juga menampilkan tari Pendet asal Bali yang dilakukan dengan gemulai dan luwes oleh para gadis Kuba. 

 

Selain pertunjukan kesenian Indonesia, para undangan juga diajak untuk menikmati koleksi perangko Indonesia yang dimiliki oleh Museum Pos Kuba (Museo Postal de Cuba) sambil menikmati makanan kecil khas Indonesia.

 

Di akhir acara, seorang tamu secara spontan mengatakan “Betapa indahnya bunga persahabatan”. Acara ini mendapat liputan luas dari media massa Kuba. (Sumber: KBRI Havana)