Siaran Pers

2/13/2012

 

SIARAN PERS

Nomor : 051/PEN/II/K/HCB/2012

 

Pada tanggal 13 Februari 2012 pukul 11.00 pagi, bertempat di Istana Presiden (Palacio de la Revolucion) Dubes RI Teiseran Foun Cornelis telah menyerahkan surat kepercayaan sebagai Dubes LBBP RI untuk Republik Kuba kepada Wakil Presiden Kuba Gladys María Bejerano Portela yang didampingi oleh Menteri Luar Negeri Bruno Rodriguez Parilla.

 

Seusai penyerahan surat kepercayaan, dilanjutkan dengan audiensi yang berlangsung sekitar 20 (dua puluh) menit.  Duta Besar Teiseran dalam kesempatan audiensi dengan Wapres Gladys María Bejerano Portela menyampaikan salam hangat dari Presiden dan rakyat Indonesia kepada Presiden dan rakyat Kuba serta membicarakan perkembangan hubungan bilateral RI-Kuba yang terus mengalami peningkatan. Disampaikan oleh Duta Besar Teiseran bahwa total perdagangan Indonesia-Kuba pada tahun 2011 mencapai US$ 16 juta, meningkat hampir 60 persen dari total perdagangan tahun 2010 yang sebesar US$ 10 juta. 

 

Selain itu, Duta Besar Teiseran juga menyampaikan bahwa salah satu prioritas kerjasama dengan Kuba adalah di bidang ekonomi dan perdagangan. Mengingat Kuba merupakan negara terbesar di kawasan Karibia dan Indonesia adalah ekonomi terbesar di kawasan Asia Tenggara, maka terdapat peluang yang besar dalam peningkatan hubungan kedua negara di bidang tersebut.  Selain itu, hubungan antara Indonesia dan Kuba yang bersejarah dan emosional yang telah berusia lebih dari setengah abad merupakan landasan yang kuat bagi peningkatan kerjasama di berbagai sektor potensial, utamanya di bidang ekonomi dan perdagangan.

 

Wapres Gladys Portela menyambut baik prioritas Pemri dalam peningkatan hubungan bilateral di bidang ekonomi dan perdagangan dengan Kuba.  Dikemukakan bahwa Kuba memiliki pandangan yang sama (shared the same view) dengan Indonesia tentang upaya mengatasi dampak krisis ekonomi global melalui diversifikasi produk dan diversifikasi pasar.   

 

Upacara penyerahan surat kepercayaan diakhiri dengan peletakan karangan bunga di monumen Jose Marti, pahlawan nasional dan tokoh nasionalisme Kuba. 

 

Duta Besar Teiseran Foun Cornelis adalah Kepala Perwakilan RI ke-6 untuk Republik Kuba.

 

                                           Havana, 13 Februari 2012