Malam Budaya Indonesia di Villa Clara

5/13/2013

 
Sebagai upaya untuk meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Kuba, terutama di bidang sosial budaya kepada kalangan geneasi muda, KBRI Havana bekerja sama dengan Universidad Central “Marta Abreu” de Las Villas (UCLV) telah menyelenggarakan Malam Budaya Indonesia di kampus UCLV pada tanggal 6 Mei 2013. Kegiatan tersebut dihadiri oleh sebagian besar mahasiswa yakni sekitar 400 orang. Ikut hadir pada acara ini pejabat dari Pemerintah Provinsi Villa Clara seperti Sekretaris Majelis Kekuatan Rakyat Villa Clara, Marisol García Cabrera dan Direktur Hubungan Internasional Pemrov Villa Clara, Reday René Armas. Dari pihak UCLV, hadir Rektor UCLV Dr. Andrés Castro Alegria dan Wakil Rektor bidang Ekonomi Dr. Hugo Granela Martín dan undangan lainnya.
 
Para penonton memberikan respon positif terhadap pertunjukan yang ditampilkan. Malam kebudayaan tersebut dilaksanakan bertepatan dengan festival kebudayaan di UCLV dan mendapatkan liputan luas oleh media setempat (TV, radio, dan surat kabar). Dalam kesempatan terpisah, Dubes RI telah melakukan wawancara dengan media lokal yang antara lain membicarakan mengenai kedekatan historis antara Indonesia dan Kuba di bidang politik, ekonomi dan sosial budaya, perkembangan hubungan bilateral antara kedua negara.
 
Mengawali kegiatan budaya tersebut, Wakil Rektor UCLV menyampaikan apresiasi atas upaya pengenalan kebudayaan Indonesia bagi masyarakat Villa Clara di UCLV. Wakil Rektor berharap hubungan kerjasama, terutama di bidang sosial budaya dapat terus ditingkatkan antara kedua pihak. Selanjutnya, Dubes RI Havana menyampaikan bahwa kegiatan merupakan tindak lanjut kunjungan ke Villa Clara pada bulan April 2012, yang diantaranya telah dilakukan public lecture di Fakultas Sastra UCLV. Melihat antusiasme para mahasiswa yang ingin lebih mengetahui tentang Indonesia, maka diselenggarakan kegiatan Malam Budaya Indonesia untuk mempererat hubungan dan meningkatkan pemahaman antara kedua pihak.
 
KBRI Havana dalam kesempatan tersebut telah menampilkan beberapa kebudayaan Indonesia yang beragam seperti alat musik Angklung (Jawa Barat) yang dimainkan oleh konservatorium musik Jose White dari Camaguay. Selain itu, ditampilkan Tari Yapong (Betawi), Tari Saman (Aceh) dan Tari Poco-poco (Maluku) oleh mahasiswa Universitas Havana yang mempelajari kebudayaan Indonesia. UCLV dalam kesempatan tersebut menampilkan tari dari kelompok “5 de deciembre” khas dari Kuba dan kawasan Karibia. Disamping tarian, juga ditampilkan pagelaran busana bermotifkan batik.

?