Pameran ZITF 2012, Bulawayo

9/11/2012

 

Jumat, 04 Mei 2012

Pada tanggal  20 - 30 April 2012, Delegasi Indonesia yang berjumlah 6 (enam orang), terdiri dari Kementerian Luar Negeri, Perum Percetakan Uang RI, PT. Dynea Indria dan PT. Karya Mega Kencana telah melakukan kunjungan ke Harare dan Bulawayo, Zimbabwe yang dipimpin oleh Syarifah Nurhaya, Pejabat Fungsional Diplomat, Subdit Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Direktorat Afrika, Ditjen Aspasaf.
 
Sebelumnya pengusaha yang berkomitmen untuk berkunjung ke Zimbabwe sejumlah 15 pengusaha. Namun, karena terdapat program lainnya, beberapa pengusaha hanya berpartisipasi secara pasif dengan mengirimkan produk dan brosur.
 
 
Kiri - ke kanan : Bapak Kurniawan (PERURI), Bapak Dubes Eddy Poerwana, Ibu Ine Poerwana, Ibu Alfiatun (PERURI) & Ibu Syarifah Nurhaya (Kemlu R.I.)
 
 
Kunjungan tersebut merupakan upaya peningkatan hubungan ekonomi Indonesia - Zimbabwe dan partisipasi Indonesia pada pameran dagang internasional the Zimbabwe International Trade Fair (ZITF). Kegiatan ini dapat terlaksana berkat kerja sama Direktorat Afrika dan KBRI Harare.

Kegiatan selama kunjungan terdiri dari forum bisnis dan pameran dagang internasional serta kunjungan ke beberapa instansi/kementerian terkait dan perusahaan Indonesia yang berada di Bulawayo, Zimbabwe (sebagaimana terlampir).

Selama berada di Zimbabwe, delegasi banyak mendapat bantuan dari keluarga besar KBRI Harare, khususnya dari Duta Besar Eddy Poerwana, Duta Besar RI Harare yang telah memfasilitasi stand, akomodasi dan transportasi. Delegasi juga mendapat respon yang positif dari para pejabat, pengusaha maupun masyarakat Zimbabwe.

Pelaksanaan Forum Bisnis

Forum bisnis dilaksanaan pada tanggal 21 April 2012 di rumah kediaman Duta Besar RI Harare. Hadir pada kegiatan tersebut sejumlah 30 pengusaha Zimbabwe dari berbagai bidang bisnis.

Dari pertemuan forum bisnis tersebut, beberapa pengusaha Zimbawe terlihat sangat berminat dengan produk Indonesia dan ingin menjalin hubungan yang lebih erat dengan pengusaha Indonesia. Pertemuan bisnis tersebut ditindaklanjuti dengan kunjungan ke beberapa perusahaan lokal yaitu kunjungan ke Director Publishers (pvt) ltd dan kunjungan ke Hotel Serve.

Pelaksanaan Pameran Dagang ZITF

Pameran dagang ZITF ke 53 diikuti oleh 468 pengusaha lokal dan 37 perusahaan asing yang terdiri dari Afrika Selatan, Cina, Indonesia, Italia, Jerman, Kenya, Malawi, Namibia, Zambia dan negara lainnya. Pameran berlangsung pada tanggal 24 April hingga 28 April 2012 di kota Bulawayo, Zimbabwe. Target pameran terbagi dalam dua yaitu pada tanggal 24 - 26 April 2012 pameran terbuka untuk kalangan pengusaha dan pada tanggal 27 - 28 April 2012 pameran terbuka untuk masyarakat umum.

ZITF dibuka secara resmi oleh Presiden Zambia, Dr. Michael Sata yang didampingi oleh Presiden Zimbabwe, Cde. Robert G. Mugabe pada tangal 27 April 2012, sehari sebelum acara ditutup. Hadir pada acara pembukaan tersebut Wakil Presiden Joice Mujuru, para Menteri maupun Kepala Perwakilan asing di Zimbabwe.

Pameran ZITF berlangsung dengan lancar tanpa kendala yang berarti. Stand Indonesia mendapat respon yang positif dari para pengunjung. Pada kunjungan tersebut, pengunjung berkesempatan mencicipi ayam potong, sosis, biscuit dan teh Indonesia yang disajikan pada stand Indonesia. Tercatat terdapat sekitar 200 pengusaha yang telah berkunjung ke stand Indonesia dan berminat untuk menindaklanjutinya.

Kebanyakan dari pengusaha tersebut berminat pada bahan teksil dan hasil tekstil dari Indonesia, lem, security printing (dokumen komersil seperti sertifikat, E-Id), alat pertanian (traktor tangan), mesin pengemasan produk, ban mobil, kompor gas, consumer goods, dll.
 
 
Kiri - ke kanan : Bapak Dubes Eddy Poerwana, Ibu Negara Zimbabwe Grace Mugabe, Ibu Negara Zambia Dr. Christine Kaseba, Ibu Ine Poerwana & Ibu Alfiatun
 
 
Selain para pengusaha dan masyarakat, stand Indonesia juga dikunjungi oleh Presiden dan Ibu Negara Zimbabwe dan Zambia, Perdana Menteri Zimbabwe, Mr. Morgan Tsangirai, Mr. Simbarashe Mumbengegwi, Menteri Luar Negeri, Menteri Pertambangan, Mr. Obert Mpovu, General Manager ZITF, Mr. Chigaru, dan menteri lainnya.
Pencapaian

Selama kunjungan ke Harare dan Bulawayo, delegasi Indonesia telah mendapat mitra kerja Pengusaha Zimbabwe sesuai dengan sektor usaha masing-masing.

Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) telah menunjuk Mr. Mariti Martin, Managing Director M & S Mariti Knitters (PVT) LTD sebagai exclusive agent di Zimbabwe untuk mempromosikan dan men-supply produk Perum Peruri. Nota Kesepakatan kedua pihak telah ditandatangani pada tanggal 25 April 2012 di rumah kediaman Duta Besar RI Harare. Adapun peluang kerja sama tersebut adalah pembuatan kartu identitats elektronik (E-Id) untuk tenaga kerja pada salah satu perusahaan swasta Zimbabwe dan peluang pembuatan kartu pembayaran elektronik (E-Payment).

PT. Dynea Indria (lem fox) sebelumnya telah menunjuk Mr. Sharon L. Cruger, Daily Spices T/A Abbiamo Trading sebagai distributor resmi untuk wilayah Zimbabwe dan Zambia pada tahun 2000. Pada kesempatan ini, PT. Dynea Indria berkesempatan mengevaluasi dan memotivasi distributor resminya dalam upaya meningkatkan nilai perdagangan.

Selain itu, selama mengikuti pameran, PT. Dynea Indra juga kembali memperkenalkan produk lem-nya kepada masyarakat Zimbabwe dan sekitarnya. Tercatat beberapa perusahaan Zimbabwe yang ingin men-supply lem dari PT. Dynea Indria untuk kebutuhan pembuatan pintu, tempat tidur, dll.

PT. Karya Mega Kencana (furniture) telah mendapatkan calon distributor untuk produknya di Zimbabwe. Namun penunjukkan resmi belum dapat dilakukan mengingat masih perlunya assessment lebih lanjut mengenai perusahaan Zimbabwe tersebut.