”The Best Embassy Stand” Sanganai Hlanganani 2013

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

KBRI Harare telah mengikuti sebuah acara pameran wisata dengan nama resmi World Travel and Tourism Africa Fair (SANGANAI HLANGANANI) dengan tema ”Where the World Meets Africa”, yang diadakan di Harare International Convention Center pada tanggal 10-12 Oktober 2013.
 
sanganai2.jpg

Ini adalah partisipasi KBRI Harare yang ke-4 mewakili nama Indonesia secara resmi atas undangan resmi badan pariwisata Zimbabwe (Zimbabwe Tourism Authority/ZTA). Undangan tersebut memang ditujukan khusus oleh ZTA untuk melibatkan sebanyak mungkin lembaga/perwakilan asing di Zimbabwe khususnya dari kawasan Asia dan Afrika.

Dalam pameran tersebut KBRI memamerkan berbagai macam brosur dan produk pameran wisata termasuk sejumlah film DVD pariwisata selain juga memamerkan baju adat/ tradisional Indonesia, aneka produk batik maupun tenunan sebagai ornamen ataupun dekorasi isalnya taplak meja, selendang, dll. Stand Indonesia juga menampilkan demo memainkan gamelan sebagai salah satu instrument tradisional Indonesia.

Hal yang cukup menarik  adalah para staf KBRI dan Putera- Puteri KBRI secara bergiliran menjaga stand Indonesia dengan menggunakan baju tradisional Indonesia/ Nusantara dari berbagai provinsi, hal ini tentunya menarik perhatian banyak pengunjung, dan sebagian besar dari para pengunjung menginginkan berfoto di dalam Stand Indonesia bersama para Staf yang menggunakan busana dari berbagai provinsi.

Partisipasi KBRI tersebut ternyata banyak mendapatkan perhatian dan apresiasi dari banyak pengunjung baik dari warga setempat maupun dari sesama peserta pameran yang terdiri dari sejumlah perwakilan dan lembaga internasional maupun kalangan pebisnis. Banyak diantara pengunjung pameran yang datang menunjukkan animo ataupun ketertarikan mengenai pendidikan di Indonesia. Khususnya untuk alat musik tradisional, sebagaian besar pengunjung stand tertarik untuk mencoba memainkan alat musik tsb, dan pada umumnya memberikan komentar jika alat musik tersebut sekilas mirip dengan alat musik tradisional Afrika yang di kenal dengan sebutan Marimba.

Pada hari pertama, yakni tanggal 10 Oktober 2013, di laksanakan pembukaan Travel and Tourism Africa Fair  ”SANGANAI HLANGANANI ”yang di hadiri oleh Senior Minister of State Hon. S.K. Moyo, Minister of Tourism and Hospitality Industry- Hon Eng. W. Mwazembi ( MP) serta ZTA Cheif Executive  Mr. K. Kaseke.

sanganai3.jpg

Pada hari berikutnya disela-sela pameran, dilaksanakan juga Media Workshop yang dihadiri oleh perwakilan masing-masing peserta, namun sebagian peserta workshop dihadiri oleh kalangan media yang membahas segala hal-hal yang tekait dengan publikasi media.

Setelah mengikuti seluruh rangkaian program pamera, pada tanggal 12 Oktober 2013, pukul19.00 dilaksanakan acara penutup
an pameran sekaligus penganugerahan beberapa penghargaan untuk beberapa kategory stand.

Pada pameran tourism tahun ini Stand Kedutaan Indonesia mendapatkan penghargaan sebagai ” The Best Embassy Stand ”. Adapun kriteria yang dijadikan  dasar penilaian diantaranya adalah : keunikan stand, keramah-tamahan para petugas stand terhadap para pengunjung, informasi atau kontribusi isi stand yang dapat diserap oleh para pengunjung. Pada penerimaan penghargaan tersebut Bapak Duta Besar tidak bisa hadir karena sedang berada di Indonesia untuk menghadiri Trade Expo Indonesia, sehingga kami selaku Pelaksana Fungsi Pensosbud yg hadir  dan menerima penghargaan yang di serahkan oleh Menteri Pariwisata Zimbabawe, Honorable Eng. W Mzembi (MP).

sanganai4.jpg

Perlu kami sampaikan juga bahwa pada jam 20.00 waktu setempat, 12 Oktober 2013 , wawancara kami terkait keikut sertaan Kedutaan Indonesia pada pameran Kebudayaan Shangani Hlanganani 2013 dimaksud, ditayangkan di sekmen berita, pada TV Nasional Zimbabwe, ZBC. (Sumber : KBRI Harare)
 

?