Peran Serta KBRI Harare pada pameran dagang Zimbabwe International Trade Fair (ZITF), 22 - 26 April 2014

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Peran serta KBRI Harare pada pameran dagang Zimbabwe International Trade Fair (ZITF 2014) tanggal 22-26 April 2014 yang berlangsung di kota Bulawayo, Zimbabwe menjadi ajang promosi produk Indonesia. Indonesia menjadi salah satu Negara yang berpartisipasi pada ZITF 2014 selain 19 negara lainnya. Negara peserta dalam pameran dagang tersebut antara lain Afrika Selatan, Amerika Serikat, RRT, DR Kongo, Ethiopia, Kenya, Polandia, Zambia dengan lebih dari 300 perusahaan lokal ikut serta dalam pameran dagang tersebut.
ZITF 2014 dibuka secara resmi oleh Presiden Zimbabwe, Robert G. Mugabe yang didampingi oleh Presiden DR Congo, Joseph Kabila, pada tanggal 25 April 2014. Hadir pada acara pembukaan tersebut Wakil Presiden Joice Mujuru, para Menteri maupun Kepala Perwakilan Asing di Zimbabwe.
Pada Kesempatan tersebut Presiden Robert G. Mugabe mendatangi stan Indonesia dan diterima oleh Dubes RI Eddy Poerwana beserta Ibu. Presiden sempat menandatangani buku tamu dan saling menyerahkan kenangan dengan Dubes RI.
Beberapa pejabat Zimbabwe tercatat mengunjungi stand Indonesia, baik dalam rangka mendampingi Presiden Mugabe maupun datang sendiri di stand Indonesia antara lain Vice Presiden Mujuru, Minister Agriculture, Vice Minister Foreign Affairs, Minister of Trade and Commerce, beberapa anggota parlemen dll.
Pada pameran tersebut, beberapa perusahaan Indonesia berpartisipasi secara pasif dengan mengirimkan contoh produk dan brosur, antara lain PT. Fabindo Sejahtera (kosmetik), PT. Kinocare Era Kosmetindo (peralatan rambut dan wewangian), PT. Mayora (consumer goods), dan PT. Multistrada Arah Sarana (ban mobil). Sedangkan PT. Aica Indria (lem fox) diwakilkan oleh distributor yang berada di Zimbabwe.