Partisipasi KBRI Harare pada Harare International Festival of Art (HIFA) 29 April-4 Mei 2014

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

KBRI Harare telah berpartisipasi pada pekan seni Internasional di Harare atau yang terkenal dengan Harare International Festival of Art (HIFA) 29 April – 4 Mei 2014, dengan menampilkan beberapa tarian dan kolaborasi seni gamelan, musik angklung dengan perkusi Zimbabwe. HIFA 2014 ini diikuti oleh beberapa Kedutaan Besar asing lainnya, seperti Belanda, Norwegia, Poland, India dll, serta seniman local Zimbabwe.

 
KBRI Harare berkesempatan untuk tampil pada pekan seni ini pada tanggal 30 April 2014. Hadir dalam pertunjukan tersebut antara lain Wakil Menteri Luar Negeri Zimbabwe Ambasador Chisthoper Mustvangwa beserta istri, Mr. Faranisi, Direktur Africa, Asia, and Pasific, beberapa Duta Besar antara lain Dubes Algeria, Dubes India, Dubes Belanda, serta Charge d’Affairs Korea Selatan, Friends of Indonesia di Zimbabwe serta Media Massa.
Dalam sambutan Duta Besar RI Eddy Poerwana didampingi Ibu Inne Poerwana menyampaikan selamat datang dan selamat menikmati tarian Indonesia Diharapkan akan semakin meningkatkan hubungan bilateral dan masyarakat antara kedua negara yang selama ini telah terjalin baik.
Pengunjung Reps Theater yang berkapasitas sekitar 500 orang hampir terisi penuh oleh penonton. Tarian Jaipong yang dibawakan oleh anak-anak staf KBRI Harare maupun tari Bali, Rampak serta sendra tari "Golden Pearl of Borneo" yang dibawakan oleh seniman dari Yogyakarta mendapat sambutan sangat meriah. Setiap kali sebuah tarian selesai para pengunjung senantiasa memberikan aplaus / tepuktangan.
Diakhir pertunjukan Ambassador Chis. Mustvangwa, Wakil Menteri Luar Negeri Zimbabwe didaulat untuk naik ke panggung bersama istri, Dubes RI bersama Ibu Inne Poerwana menyerahkan rangkaian bunga kepada seorang penari. Ambassador Chris Mustvangwa sangat senang dan terkensan atas penampilan Indonesia.
Tampilan tarian Indonesia "Golden Pearl of Borneo" juga mendapat liputan sangat luas dari media setempat antara lain TV Zimbabwe (ZBC), mass media seperti the Zimbabwe Mail. ZBC beberapa kali menanyangkan ulang penampilan Indonesia pada HIFA 2014. Dalam kesempatan tersebut ZBC serta beberapa mas media melakukan wawancara kepada Dubes RI serta beberapa seniman pendukung.
KBRI Harare mengambil kesempatan pada acara tersebut dengan menyediakan berbagai informasi terkait dengan Indonesia, pariwisata, kuliner, dan informasi lainnya yang bisa diambil oleh para pengunjung ditempat pertunjukan.
 
Dalam kesempatan tersebut Indonesia menampilkan tarian selama 1 jam penuh dengan mengambil tema "Golden Pearl of Borneo". Tarian utama yang diusung KBRI Harare menggambarkan tentang budaya masyarakat Kalimantan yang sangat indah serta harmoni antara kehidupan masyarakat dan alamnya. Kalimantan merupakan pulau terbesar dengan hutan tropisnya serta kekayaan alamnya yang melimpah. Selain itu juga ditampilkan tari Jaipong, tari Bali, tari Rampak, Kolaborasi musik gamelan, angklung dan perkusi Zimbabwe. Penampilan Indonesia mendapatkan sambutan yang sangat meriah. Tarian yang ditampilkan sengaja dicari jenis tarian yang energik dan kostum yang sangat menarik.
 
untuk dokumen foto klik disini