Indonesia berpartisipasi dalam HIFA tanggal 2 dan 4 Mei 2013

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

KBRI Harare telah mengikuti sebuah acara pentas seni tahunan dikenal dengan  nama resmi disebut Harare International Festival of the Art (HIFA) diselenggarakan mulai tanggal 30 April - 5 Mei 2013. Ini adalah partisipasi KBRI Harare yang ke-4 mewakili nama Indonesia secara resmi atas undangan resmi dari Panitia HIFA, kali pertama festival serupa diikuti oleh KBRI pada tahun 2006 dan tahun 2011 dan 2012 yang lalu.

Pada festival tersebut Indonesia menampilkan group tari bergenre tradisional kontemporer dari Jogyakarta bernama " Fire Crown". Group Musik ini digawangi oleh Sdri. Sukristianto Hari Kusminto beserta kedua rekannya Sdr. Ari Ersandi dan Sdri. Elizabeth Nur Milasari dan Mega Lestari Silalahi. Pada festival dimaksud group tari ini mendapat giliran tampil pada tanggal 2  dan 4 Mei 2013.
 
tari02.jpg

Dalam 2 (dua) pertunjukan dimaksud, Indonesia menampilkan 2 (dua) konsep tarian yang berbeda,  pada pertunjukan pertama Indonesia menampilkan pertunjukan dengan judul " Parang Garudo" sedangkan pada pertunjukan ke-2 Indonesia menampilkan tarian berjudul "Wancit Tetanem" yang menceritakan tentang Dewi Sri sebagai Dewi Padi dan kehidupan rakyat pedesaan yang sebagian besar berprofesi sebagai petani.

Pertunjukan pertama dan kedua dilaksanakan di Reps Theatre, terlihat animo penonton yang cukup besar  utamanya pada pertunjukan kedua, banyak pujian yang diberikan oleh penonton utamanya mengenai koroegrafi dan keunikan busana yang dikenakan para penari, namun ada juga yang mengatakan bahwa pertunjukan tari tersebut relatif singkat.

3penyair.jpg

Disamping itu tampil juga beberapa penyair Indonesia pada HIFA, Hivos Spoken word, mereka membawakan puisi dari tanggal 1-3 Mei 2013. Para penyair tersebut adalah Sdr. Dudi Anggawi (Koordinator), Sdri. Dorothea Herliani, Sdr. Saut Situmorang dan Sdr. Samar Gantang. Pada tanggal 1 Mey 2013, KBRI juga mengundang seluruh teman-teman penari dan penyair untuk makan malam bersama sekaligus berilaturahmi dengan teman-teman staf KBRI Harare. Media setempat; The Herald, edisi 5 Mei 2013 (sabtu) telah memuat liputan mengenai Partisipasi Indonesia pada HIFA 2013 yang bertajuk "Indonesian artistes at Hifa". (Doc/RS)

Sumber : Laksi Pensosbud,  album lengkap : www.facebook.com/pwkharare

?