Duta Besar Eddy Poerwana sebagai Special Lecture pada Zimbabwe Institute of Diplomacy

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Atas undangan Zimbabwe Institute of Diplomacy Duta Besar Eddy Poerwana memberikan kuliah khusus (special lecture) pada lebih kurang 50 peserta Zimbabwe Institute of Diplomacy pada tanggal 31 Oktober 2013 dengan topik The Role, structure and function of the Association of South East Asia Nations (ASEAN). Siswa peserta Zimbabwe Institue of Diplomasi ini terdiri dari beragam latar belakang, ada dari Institusi pemerintah, kalangan bisnis, Pastor, Private Sektor dll.
Duta besar Eddy Poerwana menjelaskan bagaimana sejarah berdirinya ASEAN pada awal mulanya serta perkembangan ASEAN sehingga sekarang ASEAN menjadi organisasi yang mempunyai pengaruh yang cukup luas.
Selesai memberikan kuliah khusus tentang ASEAN ini Mr. Chikanda selaku Chairman Zimbabwe Institute of Diplomacy mempersilahkan para peserta kuliah untuk mengajukan pertanyaan. Rupanya penjelasan Duta Besar Edi Purwana mendapat beragam pertanyaan dari para peserta yang terdiri berbagai kalangan tersebut. Mereka menanyakan dengan sangat antusias, antara lain: Bagaimana Pengaruh Perang Vietnam pada awal berdirinya ASEAN; Bagaimana Peran ASEAN dalam memperjuangkan Hak Asasi Manusia pada kasus Myanmar;  Bagaimana Kriteria untuk menjadi anggota Asean; Bagaimana peran Indigeous People di ASEAN; Bagaimana Pandangan ASEAN terhadap sanksi Negara-negara barat terhadap Zimbabwe; Apa saja kekuatan ekonomi ASEAN; Bagaimana masalah laut China Selatan; upaya Timor Leste menjadi anggota ASEAN.
Duta Besar Eddy Poerwana menjawab satu-persatu pertanyaan tersebut dengan releks dan jelas, bahkan ketika mendapat pertanyaan yang sangat sensitive mengenai pandangan Asean terhadap sanksi yang diterapkan Negara-negara Barat kepada Zimbabwe, Dubes Eddy Poerwana menjelaskan dengan sangat baik dan hati-hati sehingga tidak menyinggung masalah politik yang begitu sensitive.  Para peserta pun sangat puas atas kuliah yang diberikan. Kuliah yang dimulai pukul 18.00 berakhir s/d 21.20 waktu setempat.
Kuliah khusus ditutup dengan sambutan dari wakil peserta kuliah dan pemberian cindera mata.

dokumentasi photo : https://www.facebook.com/pwkharare/media_set?set=a.563756610346790.1073741885.100001373697678&type=1?