KBRI Harare mengadakan resepsi Proklamasi Indonesia yang ke-66

9/16/2011

Sehubungan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke-66, pada hari rabu tanggal 14 September 2011 pukul 12.30-14.30 waktu setempat KBRI Harare  mengadakan resepsi dalam rangka peringatan Proklamasi Indonesia yang ke-66.

 
Resepsi ini tidak dapat dilaksanakan pada hari yang sama setelah upacara penaikan bendera mengingat pada saat itu adalah bulan ramadhan ( puasa).
 

Bapak Dubes Eddy Poerwana, Ibu Ine Poerwana, Bapak Kusnaredy (Kepala Kanselerai) dan Ibu Karlina Kusnaredi menyambut kedatangan Dubes Belanda H.E. Ms Helena Joziasse

Resepsi dilaksanakan di Wisma Indonesia dihadiri seluruh keluarga besar KBRI Harare, diperkirakan undangan yang hadir pada perayaan tersebut sekitar kurang lebih 450 undangan terdiri dari Menteri Pariwisata, Hon. Walter Muzembi (Minister  for tourism and hospitality Industry) , Konsul Kehormatan Indonesia berkedudukan di Lusaka, Korps Diplomatik, komunitas Indonesia yang bermukim di Harare, friends of Indonesia, kolega dari Kemlu, kalangan usahawan, teman-teman media dan masyarakat Zimbabwe yang telah lama menjadi kerabat kbri.

Resepsi  berlangsung denga khidmat, lancar dan sangat kental dengan suasana keunikan dan keindahan Indonesia, hal ini dikarenakan berkat kerjasama dan partisisipasi seluruh staf KBRI dalam mendisain dan menata ornament khas Indonesia begitu pula menu-menu  Indonesia yang dihidangkan  untuk acara dimaksud mengundang banyak pujian dari para undangan yang hadir.

Dalam resepsi tersebut  kami meminta kesediaan  Mr Robson Robert Makhula, Deputi Menteri Luar Negeri, Zimbabwe untuk menjadi "Guest of Honour"  pada resepsi dimaksud. Dalam kata sambutan kami menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh hadirin yang telah menyempatkan diri untuk resepsi peringatan proklamasi Indonesia yang ke-66 dan bahwa seluruh bangsa Indonesia merasakan kebahagian yang teramat sangat dengan bertambahnya usia kemerdekaan yang telah diraih oleh bangsa Indonesia, dan juga harapan serta doa untuk Pemimpin negara Zimbabwe beserta keluarga, setelah itu kami pun melakukan "toast" dengan "Guest of Honor" untuk menandai persahabatan yang terjalin diantara 2 ( dua ) negara.
 

Setelah itu Guest of Honor pun memberikan sambutan, dengan harapan bahwa Kepala Negara Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia dapat merasakan kebahagian dan kemakmuran dengan bertambahnya setahun usia kemerdekaan Indonesia.

Putra-putri kbri Harare juga mempersembahkan tarian betawi dan tarian ondel-ondel dalam acara dimaksud. Para undangan yang hadir mengatakan bahwa mereka sangat terhibur dan kagum akan tarian yang ditampilkan oleh putera-puteri kbri, dimana para penari menggunakan kostum yang sangat colorful dan unik, sehingga di akhir acara banyak para pengunjung yang ingin menggunakan moment tersebut untuk foto bersama dengan para penari.
 

 
Perlu kami sampaikan hal yang cukup menarik karena resepsi tersebut diliput oleh TV Nasional Ziimbabwe, Zimbabwe Broadcasting Cooperation ( ZBC), dan ditayangkan pada berita pagi di keesokan.
 
Dalam liputan dimaksud Dubes RI mengungkapkan bahwa hubungan antara 2 (dua) negara yang telah terjalin harus terus ditingkatkan adapun kerjasama yang menjadi perhatian diantaranya adalah peningkatan hubungan perdagangan, investasi dan kebudayaan, dan yang lebih khusus lagi karena pada tahun  ini diproyeksikan terdapat kurang lebih 25-30 pengusaha dari Zimbabwe yang  akan bergabung dengan Trade Expo Indonesia pada bulan oktober mendatang di Jakarta.