Hari Anak Nasional Ke-27 di KBRI Harare, Zimbabwe

7/25/2011

 

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) yang ke-27 seperti yang dihimbau oleh Pemerintah RI, pada hari sabtu pagi, 23 Juli 2011 KBRI Harare telah melaksanakan peringatan dan perayaan Hari Anak Nasional.
 
Peringatan HAN ini dihadiri oleh seluruh staf KBRI, masyarakat Indonesia beserta keluarga yang berkumpul di pekarangan KBRI tepat pukul 10.00 pagi waktu setempat.
 
 
 

 
 
 
 
 
 
Peringatan HAN diisi dengan berbagai macam kegiatan diantaranya : Jalan  santai bersama, dialog interaktif antara kami dan anak-anak Indonesia, sesi tanya jawab, dll. Kami dan isteri membuka kegiatan jalan santai ini dengan meniupkan peluit sebagai tanda dimulainya kegiatan, seluruh staf, masyarakat Indonesia beserta keluarga berpartisipasi aktif pada sesi ini, kegiatan jalan santai ini diadakan dengan maksud agar anak anak dapat lebih mengenal dan mengeksplorasi alam sekitarnya sehingga kesensitifan dan kesadaran akan alam sekitar dapat tertanam sejak usia dini.
 
 
 
 
 
 
Sesi berikutnya adalah dialog interaktif dengan anak-anak Indonesia, dalam dialog tersebut kami memberikan penjelasan singkat apa sebenarnya maksud dan tujuan Pemerintah Indonesia menetapkan dan menghimbau agar seluruh masyarakat khususnya anak Indonesia untuk memperingati dan merayakan HAN, yakni agar seluruh lapisan masyarakat indonesia menyadari akan pentingnya pendidikan, kesehatan, gizi, pengasuhan dan perlindungan anak Indonesia.
 
 
 
 
 
 
 
 
Pada sesi interaktif ini, kami juga mengajak anak-anak untuk berani mengemukan ide ataupun pendapatnya, hal ini dimaksudkan guna melatih kemampuan anak berani berbicara, tampil di hadapan umum utamanya untuk mengeskpresikan pendapat mereka ataupun ide-ide mereka tanpa rasa canggung, dengan demikian  secara mental kepercayaan diri anak-anak dapat terbentuk untuk berani mengungkapkan pendapat dan opini yang dimilikinya.
 

 
 
 
 
Diakhir kegiatan Perayaan Hari Anak, kamipun mengadakan sesi game/ permainan ( question and answear) , yakni anak- anak diberikan pertanyaan yang bernuansa edukatif  serta mencakup  muatan pengetahuan umum, dengan demikian sambil bermain anak-anak pun dapat memperoleh informasi dan pengetahuan secara informal. Selanjutnya acara ditutup dengan doa dan makan siang bersama bagi seluruh keluarga besar KBRI Harare dan Masyarakat Indonesia yang hadir.