Perayaan Natal 2011 di KBRI Harare

6/21/2012

 

Kamis, 29 Desember 2011

Hari Natal tahun 2011  telah dirayakan oleh  KBRI Harare pada hari Senin tanggal 26 Desember 2011 dengan mengundang segenap masyarakat  Kristiani Indonesia, segenap masyarakat Indonesia lainnya yang umumnya terdiri dari staf KBRI dan keluarga. Juga hadir para pastor Katholik Indonesia yang sudah lama bermukin di Harare dalam rangka misi pelayanan umat Katholik setempat, masyarakat setempat baik warga Zimbabwe asli maupun keturunan kulit putih. Umumnya mereka adalah jemaat sejumlah gereja di Harare beserta para pendeta dari gereja gereja tersebut. Hadir juga sejumlah pengusaha setempat yang ikut Trade Expo Indonesia 2011.

 
Acara  perayaan Natal dimulai pukul 12.30 dan berlangsung sampai jam 16.30. Terdapat sekitar  90 orang yang hadir. Berbagai jenis menu makanan Indonesia disuguhkan dalam perayaan ini yang sangat dinikmati khususnya oleh undangan warga setempat. Mendahului acara Dubes RI  Harare, Bapak Eddy Poerwana telah memberikan sambutan singkat mengenai makna natal. Berhubung hari itu juga merupakan hari libur Zimbabwe dalam rangka Boxing Day,  Bapak Dubes telah menjelaskan secara singkat arti Boxing Day tersebut.
 

 
Dijelaskan kepada para undangan bahwa kata Boxing jangan dikaitkan dengan pengertian "tinju". Boxing di sini artinya adalah kardus (bok) untuk menempatkan barang barang yang akan disumbangkan atau didermakan kepada kaum miskin atau kaum yang membutuhkan bantuan yaitu sesuai dengan makna perayaan Boxing Day.
 
 
Boxing Day merupakan tradisi Inggris dan dipraktekkan sampai saat ini di Inggris mau pun negara-negara bekas koloninya.Inti nya adalah sebagai Charity Day yang  dari sejarahnya semula merupakan kegiatan Bank-bank di Inggris sebagai  kegiatan bakti sosial.
 
 
Bapak Duta Besar Eddy Poerwana didampingi Ibu Ine Poerwana memberikan sambutan dan ucapan selamat Hari Natal kepada umat kristiani 
 
 
Bapak Pendeta Ian Rea memberikan berkat do'a-do'a Hari Natal

 
Usai sambutan singkatan singkat dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Pendeta  Ian Rea  dari Harvest Church yang kemudian sesudahnya para undangan menyantap hidangan yang disediakan.

Dilanjutkan dengan bernyanyi dan berdangdut ria suatu hal yang sangat unik di perayaan hari Natal di mana hampir semua undangan baik masyarakat Indonesia maupun masyarakat setempat ikut ambil bagian termasuk istri Duta Besar, Ibu Ine Poerwana.

Pada kesempatan ini secara simbolis telah diberikan bingkisan natal kepada seorang staf setempat.  Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini bingkisan natal diberikan kembali kepada semua staf local warga setempat yang merayakan natal.


++++++
Sumber : Pensosbud KBRI Harare
Dokumentasi foto selengkapnya ada di : www.facebook.com/pwkharare