VIETNAM TERTARIK DENGAN CN 295

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Dalam rangka Road Show ke 6 negara ASEAN untuk pengenalan pesawat CN 295, Wamenhan RI didampingi oleh pejabat-pejabat Kemhan dan Dirut PT. Dirgantara Indonesia (PT.DI) dan jajarannya,telah berkunjung ke Vietnam, tanggal 25-27 Mei 2013. Wamenhan dan rombongan mendarat dengan menggunakan pesawat CN 295 di Ho Chi Minh City dari Bandar Seri Begawan pada tanggal 25 Mei 2013 dan tanggal 26 Mei 2013 meneruskan perjalanan ke Hanoi. Pada tanggal 27 Mei 2013, telah dilakukan Air Show pesawat CN 295 dilanjutkan dengan ”Joy Flight” selama lebih kurang 45 menit. Turut dalam program Joy Flight tersebut adalah Wakil Panglima AU Vietnam beserta jajarannya, Dubes RI Hanoi, Dubes Spanyol di Vietnam dan Direksi PT DI serta Athan RI di Hanoi.
 
Mendahului Joy Flight, Wamenhan RI telah melakukan kunjungan kehormatan kepada Menhan Vietnam, Jenderal Phung Quang Thanh, yang pada kesempatan tersebut disamping menghargai hubungan baik kedua negara, khususnya Angkatan Bersenjata, antara lain menyampaikan bahwa Vietnam memang memerlukan pesawat sejenis CN 295. Dalam kaitan ini Menhan Vietnam juga sudah mempelajari hal-hal terkait dengan CN 295. Untuk itu Menhan Vietnam berencana untuk mengirimkan delegasi Angkatan Udara Vietnam ke Indonesia untuk lebih mempelajari industri penerbangan Indonesia dan menanyakan hal-hal yang lebih rinci mengenai CN 295 kepada PT. DI.
 
Sedangkan pada pertemuan dengan Wakil Panglima AU Vietnam disampaikan bahwa Vietnam telah menjajaki untuk memiliki pesawat sejenis CN 295. Disampaikan juga bahwa Wakil Panglima AU Vietnam telah mencoba  pesawat tersebut di Spanyol.Dengan dirakitnya pesawat CN 295 di Indonesia, akan lebih baik bagi Vietnam mengingat pelayanan purna jual dapat dilakukan oleh Indonesia, yang jauh lebih dekat dengan Vietnam.
 
Wamenhan RI menyambut baik mengenai rencana kunjungan delegasi Vietnam ke Indonesia, yang ditegaskan tidak saja ke PT. DI, tapi juga dapat dilakukan pada industri pertahanan Indonesia lainnya.
 
Dalam kaitan ini Wamenhan RI mengharapkan adanya tindak lanjut dalam waktu dekat atas kunjungan ini antara KBRI Hanoi dan Kemenhan Vietnam.