Presiden Vietnam: Hubungan Indonesia-Vietnam sangat mendalam

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tidak perlu kata-kata besar untuk menggambarkan hubungan antara Indonesia dan Vietnam. Dari dalam hati kita tahu betapa mendalamnya hubungan kedua negara dari awal hingga sekarang ini. Saya ingin menyampaikan selamat kepada Indonesia atas keberhasilannya memimpin ASEAN selama 2011 dan peran Indonesia pada G-20 yang semakin menonjol. Kami akan memberi dukungan penuh kepada Duta Besar agar dapat melaksanakan tugas-tugasnya di Vietnam.


Saya berharap kedua negara akan dapat meningkatkan dan mengembangkan hubungan dan kerjasama sesuai hasil-hasil pembicaraan Presiden Indonesia dan Perdana Menteri Vietnam di Jakarta pada tahun 2011.


Demikian dikemukakan oleh Presiden Vietnam Truong Tan Sang kepada Duta Besar Mayerfas di Istana Presiden di Hanoi, 21 Februari 2012 seusai acara penyerahan Surat-surat Kepercayaan Dubes Mayerfas kepada Presiden Tan.


Saya mengingat kembali pengalaman saya selama dua puluh hari di Indonesia tujuh belas tahun yang lalu. Saya memdapat kesan yang sangat kuat bahwa masyarakat Indonesia mengetahui banyak tentang hubungan kedua negara. Saat itu saya mengelilingi pulau jawa melalui jalan darat.


Oleh karena itu, saya berkesimpulan bahwa kedua negara memiliki banyak kesamaan bagaikan saudara kembar. Sebagai contoh, “Kita yang ada di ruang ini memiliki kesamaan. Anda semua terlihat seperti orang Vietnam dan kami seperti orang Indonesia,” papar Presiden Truong Tan Sang mencontohkan kesamaan kedua negara.


Sementara itu, Duta Besar Mayerfas menyampaikan salam dan pesan Presiden RI kepada Presiden Truong Tan Sang dan masyarakat Vietnam. Ia juga menyampaikan undangan Presiden RI kepada Presiden Truong Tan Sang untuk berkunjung ke Indonesia. Dubes mengucapkan terima kasih atas dukungan yang akan diberikan oleh PresidenTruong Tan Sang bagi keberhasilan pelaksanaan tugasnya.


Menurut Dubes Mayerfas, Indonesia dan Vietnam adalah dua negara yang berpenduduk terbesar di ASEAN serta memiliki potensi yang perlu dimanfaatkan dan dikembangkan bagi kekuatan kedua negara dan ASEAN.


Presiden Truong Tan Sang menyambut baik undangan Presiden RI dan akan menjadualkan waktunya sehingga ia dapat memenuhi undangan Presiden RI pada tahun 2012.