PENYELENGGARAAN PERINGATAN HUT RI KE-70 OLEH VIETNAM-INDONESIA FRIENDSHIP ASSOCIATION (VIFA) ERATKAN HUBUNGAN RI-VIETNAM

Pada tanggal 20 Agustus 2015 bertempat di kantor Vietnam Union of Friendship Organizations (VUFO) yang menaungi VIFA, VIFA telah menyelenggarakan kegiatan peringatan HUT RI yang ke-70 dengan dukungan dari KBRI Hanoi. Acara tersebut dihadiri oleh sekitar 150 orang dari berbagai kalangan di Vietnam, termasuk pers, pejabat pemerintah, pengusaha Indonesia dan Vietnam, masyarakat Vietnam serta staf KBRI Hanoi.

Kegiatan tersebut diawali dengan persembahan lagu heroik Vietnam, yaitu Hanoi, Faith and Hope, Joyful Song for Work dan Love for the Land yang dipersembahkan oleh 2 orang penyanyi Vietnam serta persembahan tarian Bajidor Kahot dari Jawa Barat oleh staf KBRI Hanoi.

Setelah diperdengarkannya lagu kebangsaan Indonesia dan Vietnam, Ketua VIFA yang baru dikukuhkan, Mr. Nguyen Dang Tien, menyampaikan sambutan pembukaannya. Dalam sambutannya Mr. Tien mengungkapkan kebahagiaan masyarakat Vietnam untuk juga merayakan HUT RI yang ke-70. Dengan tekad, kemandirian, kerajnan dan kreativitas, bangsa Indonesia telah melakukan upaya-upaya yang keras untuk mewujudkan  pencapaian dalam berbagai bidang. Mr. Tien juga mengakui stabilitas politik Indonesia dan pertumbuhan ekonomi Indonesia serta menyampaikan proyeksinya bahwa Indonesia akan menjadi negara Asia berikutnya setelah Cina, Jepang, India, Australia dan Korea Selatan yang memiliki skala ekonomi lebih dari 1 trilyun US Dollar dalam 2 tahun ke depan. Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang pesat akan meningkatkan statusnya dalam kancah internasional, seperti dalam G-20, IMF, World Bank dan PBB.

Mr. Tien juga menyampaikan hubungan tradisional Indonesia dan Vietnam yang memiliki kesamaan dalam sejarah dengan persahabatan dari Presiden Sukarno dan Presiden Ho Chi Minh. Hubungan kedua negara kemudian telah berkembang pesat dalam berbagai bidang, terutama dengan telah ditingkatkannya hubungan kedua negara menjadi Kemitraan Strategis pada tahun 2013.

Dalam hubungan ekonomi, perdagangan bilateral kedua negara diproyeksikan mencapai  US$ 5,4 milyar pada tahun 2015. Sampai April 2014, Indonesia memiliki 35 proyek investasi di Vietnam dengan nilai lebih dari US$ 282 juta, menempati peringkat ke-27 dari 101 negara yang berinvestasi di Vietnam. Vietnam memiliki 7 proyek investasi di Indonesia dengan nilai lebih dari US$ 107 juta.

Dalam akhir dari sambutannya Mr. Tien mengharapkan bahwa dengan dibentuknya Indonesia-Vietnam Friendship Association (IVFA), hubungan antara kedua asosiasi persahabatan Vietnam-Indonesia tersebut akan semakin erat dan berkontribusi pada hubungan bilateral Indonesia dan Vietnam.

Dubes RI Hanoi dalam sambutannya pada acara dimaksud menyampaikan apresiasinya kepada VIFA yang telah menyelenggarakan acara khusus untuk memperingati HUT RI ke-70. Acara tersebut telah merefleksikan persahabatan yang sejati dan solidaritas yang terbina antara kedua negara dan merupakan momentum yang tepat saat kedua negara memperingati 60 tahun hubungan diplomatik.

Dubes RI juga menyoroti persamaan antara Indonesia dan Vietnam. Seperti Vietnam, Indonesia memperoleh kemerdekaan dengan berjuang melawan kolonialisme selama berabad-abad dan Indonesia telah mengatasi periode kesulitan untuk mempertahankan kemerdekaan dan kebebasan. Seperti Vietnam, Indonesia telah melalui semua pasang surut, upaya keras untuk melakukan berbagai pembangunan untuk kemajuan bangsa. Indonesia dan Vietnam lahir sebagai negara yang bebas dan merdeka dengan latar belakang dan kondisi yang sama. Kondisi ini telah menciptakan persatuan dan kebersamaan di antara bapak pendiri kedua bangsa, Presiden Ho Chi Minh dan Presiden Soekarno, serta antara generasi pemimpin berikutnya. Kondisi ini juga telah membentuk rasa persaudaraan dan kedekatan di antara masyarakat Indonesia dan Vietnam.

60 tahun yang lalu, pada 30 Desember, Indonesia dan Vietnam menjalin hubungan diplomatik. Selama 60 tahun terakhir dari 70 tahun kemerdekaan kedua negara, Indonesia dan Vietnam telah menikmati hubungan yang dekat dan saling menguntungkan, ditandai dengan pembentukan kemitraan strategis di tahun 2013, yang menempatkan Vietnam sebagai satu-satunya negara di kawasan ASEAN yang memiliki kemitraan strategis dengan Indonesia.

Dalam penutup sambutannya Dubes RI menyampaikan tekadnya untuk terus meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Vietnam, serta membawa manfaat praktis dan kesejahteraan untuk rakyat kedua negara. 

Acara khusus yang diselenggarakan oleh VIFA di Hanoi bagi peringatan HUT RI pada tahun ini memperlihatkan adanya perhatian dan tekad dari pihak Vietnam untuk semakin meningkatkan persahabatan diantara rakyat kedua negara. Hal ini merupakan realisasi dari berbagai upaya Indonesia untuk  menjalin kerjasama dan jalinan komunikasi dengan berbagai lapisan masyarakat Vietnam serta dengan dibentuknya IFVA pada tahun ini. Momentum ini juga tepat dilaksanakan pada peringatan 60 tahun hubungan kedua negara pada tahun 2015 ini, serta merupakan refleksi dari pelaksanaan PoA Kemitraan Strategis Indonesia-Vietnam yang telah disepakati oleh pemimpin kedua negara.