KBRI Hanoi selenggarakan Indonesia-Vietnam Investment and Business Forum,

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Dalam rangka meningkatkan kerjasama dan hubungan antar pengusaha Indonesia dan Vietnam serta sebagai sarana menggali peluang investasi di kedua negara, KBRI Hanoi bekerja sama dengan Vietnam Chamber of Commerce and Industry (VCCI) dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyelenggarakan “Indonesia-Vietnam Investment and Business Forum” pada tanggal 4 April 2013 di Hanoi.

 

Dalam sambutan pembukaannya, Dubes RI untuk Vietnam, Mayerfas,  mengajak pengusaha Vietnam untuk menggali lebih dalam potensi dan memanfaatkan peluang investasi di Indonesia, mengingat iklim investasi Indonesia yang semakin baik dan menarik bagi investor asing.

 

Dubes Mayerfas juga menekankan pentingnya Forum Investasi dan Bisnis ini sebagai sarana menjalin hubungan yang lebih erat antar pengusaha Indonesia dan Vietnam serta dapat membuka peluang-peluang kerjasama yang baru.

 

Deputi Bidang Kerjasama Penanaman Modal BKPM, Achmad Kurniadi, dalam pidatonya menyampaikan kinerja dan capaian-capaian investasi Indonesia di tahun 2012 serta mendorong peserta Forum untuk memanfaatkan peluang investasi sebagai upaya meningkatkan kerjasama ekonomi keua negara. Sementara itu, Deputy Director General VCCI, Pham Quang Thinh, menyambut baik Forum Investasi dan Bisnis ini serta mengharapkan ke depannya kerjasama antara kedua negar khususnya antara pelaku-pelaku usaha dapat terus meningkat.

 

Pemaparan umum terkait investasi di Vietnam dan Indonesia disampaikan oleh Direktur Kerjasama Bisnis Internasional-BKPM dan Deputy Director General of Policy Department, General Department of Taxation sementara Direktur Ciputra Group-Hanoi memaparkan proyek perumahan Ciputra di Hanoi yang sedang dikerjakan dan proyek-proyek yang akan datang. Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan sesi tanya jawab antara para pengusaha dari kedua negara yang hadir dengan narasumber.

 

Forum yang diselenggarakan di Gedung VCCI- Hanoi tersebut dihadiri oleh sekitar 100 peserta yang adalah wakil dari 80 perusahaan Vietnam serta wakil dari 7 perusahaan Indonesia di Vietnam yakni Ciputra Hanoi, PT Vietmindo Energitama, PT Semen Gresik Tbk, Japfa Comfeed Vietnam, PT Lautan Luas Vietnam, PT Akebono Brake Astra Vietnam. Selain itu hadir pula pejabat dari Kementerian Perdagangan dan Industri (MOIT), Kementerian Investasi dan Perencanaan (MPI), Kementerian Keuangan dan Kementerian Luar Negeri Vietnam dan Acting Konjen RI Ho Chi Minh City. (Sumber : KBRI Hanoi)