Indonesia Semarakkan “Unis Spring Fair 2013 di Hanoi”

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 16 Maret 2013, bertepatan dengan hari ulang tahun United Nation International School (UNIS) ke-25, telah diselenggarakan bazaar “UNIS Spring Fair 2013” di kompleks UNIS dan dikordinir oleh orang tua murid UNIS dari berbagai negara, termasuk orangtua murid diaspora Indonesia. KBRI Hanoi bekerjasama dengan DWP dan masyarakat Indonesia telah membuka booth Indonesia dalam kegiatan tersebut, dengan menjual makanan khas Indonesia, seperti sate ayam, mie goreng, risoles dan kerupuk udang serta produk khas Indonesia, seperti baju batik dan kain batik.
 
Selain Indonesia, tercatat beberapa negara lain ikut berpartisipasi dalam acara bazaar tersebut, diantaranya dari AS, Inggris, Kanada, Jerman, Spanyol, Italia, Jepang, Korea, India, Malaysia, Thailand, Vietnam.  Acara dibuka pukul 10.30 dengan pelepasan balon oleh Kepala Sekolah UNIS, Dr. Chip Barder. Acara bazaar tersebut telah dihadiri lebih dari 600 pengunjung dari masyarakat berbagai bangsa di Hanoi dan warga Vietnam sendiri.
 
Kesempatan untuk berpartisipasi dalam acara tersebut, telah dimanfaatkan KBRI untuk membina persatuan dan kesatuan diantara diaspora Indonesia di Hanoi dan untuk mempromosikan Indonesia dikalangan masyarakat internasional di UNIS. Booth Indonesia dikoordinir oleh Ketua DWP KBRI Hanoi, bersama orangtua diaspora Indonesia lainnya, telah menyediakan sate ayam, mie goreng, risoles, kerupuk udang, dan aneka produk batik seperti kain batik, hem batik, blouse batik, shawl batik, serta brosur Indonesia. Sebelum pukul 15.00 siang makanan Indonesia telah habis terjual, terutama sate. Hasil penjualan akan diserahkan kepada panitia, yang akan disalurkan kepada sekolah, panti asuhan dan panti manula. Dukungan dan fasilitasi KBRI Hanoi pada booth Indonesia diharapkan dapat meningkatkan citra Indonesia pada masyarakat internasional di UNIS, Hanoi yang memiliki murid dari lebih 35 negara.
 
KBRI secara berkala ikut berpartisipasi dalam kegiatan bazaar internasional di UNIS. UNIS merupakan sekolah internasional di Hanoi, dengan murid yang berasal dari kalangan diplomatik dan ekspatriat.Promosi Indonesia terus dilakukan oleh para orang tua murid Indonesia di UNIS bekerjasama dengan KBRI dan DWP KBRI Hanoi, untuk meningkatkan citra dan minat terhadap Indonesia di kalangan masyarakat berbagai bangsa di UNIS.
 
Booth Indonesia selalu diminati oleh para pengunjung dalam kegiatan bazaar di UNIS. Tampilan dekorasi yang unik dan khas Indonesia, telah mendapat apresiasi dari para pengunjung dan menumbuhkan perhatian terhadap Indonesia Pada acara bazaar di UNIS pada bulan November 2012 yang lalu, booth Indonesia juga telah meraih penghargaan sebagai booth terbaik kedua dari partisipan lainnya. Belum lagi makanan Indonesia yang khas, seperti sate juga sangat digemari dalam kegiatan bazaar tersebut.
 
KBRI akan terus memanfaatkan berbagai sarana sebagai promosi Indonesia, untuk meningkatkan pemahaman mengenai Indonesia baik bagi masyarakat internasional di Hanoi, maupun warga Vietnam sendiri.